The Power of Leadership

(Business Lounge – Leadership) – Keberhasilan selalu datang dengan suatu harga. Menjadi seorang pemimpin menuntut suatu harga yang dibayar. Bicara suatu harga yang dibayar adalah bicara soal pengorbanan. Tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan. Dan apa yang menjadi kekuatan seorang pemimpin adalah :

Kedisiplinan : Seorang pemimpin pastilah memiliki bakat , tetapi bakat tanpa kedisiplinan tidaklah akan terjadi apa-apa, karena kita tidak tahu apa yang harus diprioritaskan didalam hidup kita. Oleh sebab itu kita harus menuliskan apa yang menjadi bakat kita bersama dengan disiplin yang harus dikembangkan untuk bertumbuh. Jadikan disiplin suatu bagian sehari-hari didalam kehidupan kita. Sebab jika seseorang dapat menguasai dirinya dengan suatu kedisipilan, maka dia akan melihat bagaimana keberhasilan itu akan datang , apa yang menjadi tujuan hidup kita tercapai.

Komunikasi : perbedaan gender, budaya, pendidikan dan latar belakang seseorang menyebabkan perbedaan gaya komunikasi. Dan gaya komunikasi yang berbeda dan menimbulkan presepsi dan asumsi pribadi yang akhirnya menimbulkan perbedaan pendapat dan kesalahpahaman. Seorang pemimpin haruslah mempunyai suatu komunikasi yang baik ,didalam menjalani hubungan antara atasan dengan bawahan, antara kolerasi, bisnis, keluarga dan teman. Karena seorang pemimpin pastilah selalu memperhatikan kepentingan orang lain.

Kepercayaan : membangun suatu kepercayaan tidaklah muda, karena kepercayaan merupakan perekat dan menarik orang lain, sekali kita melakukan kesalahan maka orang lain tidak akan mempercayai kita lagi. Hal- hal yang dapat membuat kepercayaan seseorang menjadi hilang : tidak menepati janji, membicarakan orang lain (gosip, dll) , selalu mengingat hal-hal yang lalu. Mulai hari ini bangunlah kepercayaan untuk membangun huhungan pribadi dan profesional.

Sikap positif : berpikiran positif atau bersikap positif harus ada didalam seorang pemimpin, akan ada hal-hal yang terjadi baik itu tekanan, perkataan orang lain atau apa pun itu haruslah kita menanggapinya dengan positif.

Kesetiaan : seorang pemimpin yang luar biasa, bukan karena kekuatannya, melainkan karena kemampuannya meguatkan orang lain. Waktu yang ditanamkan seorang pemimpin untuk mendatangkan perubahan bagi orang lain,yang akhirnya kita dapat melihat bahwa orang-orang yang kita pimpin bertumbuh dan berhasil, semua ini dibutuhkan kesetiaan seorang pemimpin. Kesetiaan didalam menjalankan visinya, kesetiaan didalam hal-hal yang dilakukan untuk orang lain

Kekuatan : seorang pemimpin bukanlah dilihat dari seberapa kuat seseorang, tapi seberapa banyak seorang pemimpin memberikan pengaruh bagi orang lain, mengembangkan diri, konsisten, komunikasi dan visi yang jelas.

(ov/ic/bl-md)

Foto: coachdanfoster.com