(Business Lounge – Technology) – Perusahaan teknologi di tahun 2013 berusaha untuk menciptakan produk teknologi yang akan menjadi bersinar bagai bintang, namun tidak sedikit juga perusahaan tersebut meluncurkan produk gagal pada tahun ini.
Berikut adalah 10 kegagalan teknologi terbesar di tahun ini :
1. Healthcare.gov
Pemerintah Barack Obama membuat satu gagasan baru untuk memudahkan masyarakat di bidang kesehatan dengan meluncurkan sebuah situs pada bulan Oktober lalu. Namun, situs ini dilaporkan mengalami masalah. Terjadi gangguan dalam sistem situs yang menyebabkan sekitar 15 ribu aplikasi hilang. Dan ini menjadi kegagalan teknologi terbesar pada pemerintahan Obama tahun 2013.
2. Facebook Phone
Masih ingat dengan terobosan yang dibuat oleh HTC, yang meluncurkan handset perdana dengan fitur Facebook Home pengganti homescreen Android? Namun, sayang harapan perusahaan untuk meraih banyak pengguna smartphone Facebook Home tersebut tidak diimbangi dengan pencapaian penjualan di pasar. Hal ini juga didukung posisi perusahaan yang sedang goyah dalam persaingan industri mobile.
3. Google Reader
Dengan berkembangnya era media sosial seperti Twitter dan Facebook maka menimbulkan ancaman bagi layanan RSS Feed. Merasa terancam dengan kehadiran media sosial, Google pada akhirnya memutuskan untuk menutup layanan Google Reader pada Juli lalu, keputusan ini langsung membangkitkan kemarahan publik atas penutupan layanan dengan banyak pengguna tersebut.
4. Program PRISM Pemerintah AS
Peristiwa ini menjadi perbincangan hangat selama berminggu-minggu, setelah Edward Snowden menyerahkan ribuan dokumen milik National Security Agensi (NSA) ke perusahaan media Guardian dan Washington Post, di mana Pemerintah AS melakukan pengawasan internet dan telepon kepada setiap penggunanya. Program PRISM ini ditentang oleh sejumlah perusahaan teknologi yang berbasis di AS karena menolak untuk memenuhi permintaan data pengguna.
5. BlackBerry
Melalui perjuangan yang tak mengenal putus asa, BlackBerry berusaha bangkit dari keterpurukan dengan meluncurkan sistem operasi BlackBerry 10 pada awal tahun ini. Namun, langkah ini tidak membuahkan kebangkitan seperti yang diharapkan, karena telah membuat perusahaan kehilangan miliaran dolar, dan memaksa sejumlah pejabat tinggi BlackBerry mundur dari jabatan mereka, serta menimbulkan gelombang PHK pada ribuan pekerja.
6. Microsoft Surface RT
Microsoft meluncurkan tablet Surface RT yang diharapkan dapat memikat banyak penggemar. Tapi pada kenyataannya Microsoft harus rela mengeluarkan biaya sebesar USD 1 miliar untuk menutupi persediaan perangkat yang tidak terjual.
7. Peluncuran Samsung Galaxy S4
Kekacauan sebuah acara peluncuran gadget terbaru Galaxy S4 dari Samsung, bisa dikatakan sebagai kegagalan ide perusahaan yang dianggap sanggup menarik pengguna smartphone dari acara tersebut tapi justru kebalikannya yang terjadi. Dalam event siaran pers yang diselenggarakan di New York itu, Samsung seperti memberikan tontonan jenaka yang tidak berbobot selama acara berlangsung. Konsep acara yang diusung Samsung bukan membuat decak kagum para awak media, sebab justru membuat tanggapan negatif. Tampaknya Samsung harus lebih banyak belajar lagi memberikan tampilan brilian untuk menggugah para penggemar.
8. Makeover Yahoo Mail
Oktober lalu, pengguna Yahoo Mail mendapatkan kejutan ketika inbox email muncul seperti tampilan Gmail, yang membuat pengguna tidak senang karena tombol Tabs dicabut dari tampilan. Desain baru Yahoo mail memicu reaksi negati, puluhan ribu pengguna mengirim pesan ke Yahoo dan memprotes perubahan tersebut. Bahkan dari petisi yang dikirimkan ke situs change.org ada sekira 40 ribu desakan yang menuntut mengembalikan ke tampilan Yahoo Mail lama.
9. Peluncuran iOS 7
Apple berusaha memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna, dengan merilis update terbaru sistem operasi miliknya iOS 7. Meski menawarkan sejumlah fitur yang berguna dan tampilan desain yang segar, tidak serta merta membuat pengguna menyukainya. Pengguna yang merasa dirugikan adalah mereka yang menggunakan perangkat versi iPhone 4 dan 4S. Pengguna merasakan harus tertatih-tatih menyesuaikan sistem operasi baru itu dan meninggalkan crash pada perangkat, yang hampir membuat perangkat tidak dapat digunakan.
10. Perubahan komentar di YouTube dengan Google+
Bagian komentar YouTube menjadi salah satu daya tarik pengguna YouTube untuk memberikan empati dukungan. Tapi bulan September lalu, YouTube menggantikan sistem komentar dengan Google+. Pengguna YouTube menanggapi dengan tidak senang, karena harus memberikan komentar melalui akun media sosial milik Google itu. Terlebih bagi pengguna yang tidak memiliki akun Google+ dan memaksa mereka untuk membuatnya jika ingin berkontribusi dalam memberikan komentar di YouTube.
(ef/IC/bl-vbn)
pic:qored.hu