Maskapai Taiwan dan Singapura Dirikan Maskapai Tarif Rendah

(Business Lounge – Business Today) – Saat ini pasar penerbangan Taiwan mulai dibanjiri maskapai bertarif rendah. LCC terbesar Cina, Spring Airlines, awal bulan ini memulai rute Shanghai-Taipei setelah meluncurkan penerbangan Shanghai-Kaohsiung, kota pelabuhan di selatan Taiwan, pada Oktober lalu.

Maskapai tarif rendah atau low-cost carrier (LCC) hanya menyumbang 5,7% lalu lintas udara di Taiwan, menurut badan pengawas aviasi negara Taiwan. Pangsa pasar LCC di Asia Pasifik adalah sebesar 25%.

Maskapai Taiwan, China Airlines, dan Tiger Airways Holdings asal Singapura akan patungan mendirikan maskapai bertarif rendah dengan nama Tiger Taiwan. Ini merupakan bagian dari strategi China Airlines, maskapai terbesar di Taiwan berdasarkan jumlah armada, yang ingin masuk ke pasar penerbangan tarif rendah di Asia.

Tiger Taiwan akan memiliki modal terdaftar sebesar dua miliar dolar Taiwan dan memulai operasi pada akhir 2014. China Airlines akan memegang 90% saham. Investor asing secara gabungan dilarang memegang saham melebihi 50% dalam maskapai Taiwan, sementara investor asing individual hanya dapat memiliki tidak lebih dari 25%.

Tiger Airways juga mengumumkan kesepakatan antar-maskapai dengan Spicejet, LCC asal India. Berkat perjanjian ini, keduanya kini dapat saling menghubungkan penumpang masing-masing dengan penerbangan lanjutan milik mitranya. Kota tujuan Tiger Airways di India saat ini hanya Hyderabad. Kesepakatan dengan SpiceJet ini akan membuka jalan bagi kedua maskapai untuk menghubungkan 14 kota-kota India dari Hyderabad.

Selain itu Tiger Airways juga mengumumkan kerja sama dengan Scoot, unit LLC milik Singapore Airlines dengan spesifikasi penerbangan jarak jauh.  Keduanya sepakat berunding mengenai kerja sama operasional, penjualan, dan pemasaran atas rute-rute paralel.

Saat ini maskapai tarif rendah cukup menjadi populer karena produk dan layanannya sangat consumer-friendly. Hal ini didukung dengan harga yang hemat, armada yang modern, frekuensi, jaringan penerbangan yang luas, serta sistem pembayaran dan pemesanan tiket yang mudah. Selain itu, para calon penumpang juga dapat memilih sendiri layanan tambahan yang mereka inginkan, seperti makanan di pesawat, jenis kursi penerbangan (hot seat atau standar seat), dan biaya bagasi.

(ic/ic/bl-wsj)

Foto : food-pictures.feedio.net