Peran HRD Dalam Memprediksi Calon Pemimpin Masa Depan

(Business Lounge – HR)  – HRD perlu membangun para calon pemimpin sejak dini, supaya jika terjadi kekosongan di posisi managerial maka ada kandidat yang dapat dipromosikan. Kunci dari kemajuan perusahaan salah satunya adalah pemimpin yang handal. Pemimpin bukan dihasilkan secara instan tetapi melalui sebuah proses, dan HRD terlibat didalamnya untuk membangun pemimpin yang matang sejak dini. Tidak selalu pempimpin yang terbaik didapat dari luar perusahaan, kadang tanpa disadari calon pemimpin yang baik tersebut berada di dalam perusaan itu sendiri.

Semakin besar skala perusahaan ada banyak kemungkinan banyak calon pemimpin bisa didapat dari dalam perusahaan sendiri. HRD dapat membantu memprediksi kandidat seorang pemimpin dari tiap-tiap bagian yang ada, kemudian dibina atau ditraining untuk memperlengkapi calon pemimpin tersebut.

HRD dapat mulai mengidentifikasi karyawan-karyawan yang memiliki sifat dasar kepemimpinan seperti :
–         Memiliki cara pandang yang menyeluruh bukan hanya mengurusi divisinya saja.
–         Memiliki visi ke depan.
–         Memiliki kemampuan mengkaji kondisi perusahaan atau mengindentifikasi persoalan yang timbul dalam perusahaan.
–         Mampu memonitor sistem di dalam organisasi yang berlangsung saat ini dan memberikan ide atau tanggapan atas situasi yang terjadi di dalam perusahaan
–         Memiliki integritas, integritas tidak dapat dibangun dalam sehari sehingga tidak dapat dimanipulasi untuk memilihat seorang calon pemimpin.
–         Memahami jalannya bisnis perusahaan dan memberi masukan bagi strategi bisnis.
–         Memiliki sikap yang suka berinteraksi dengan orang lain, misalnya memotivasi atau memberi arahan terhadap sikap orang lain khususnya kepada anak buahnya, memiliki hubungan yang baik dalam membangun kerjasama dengan bagian lain.
–         Memiliki kemauan untuk belajar sekalipun tidak sesuai dengan bidangnya.

Setelah HRD melihat sifat-sifat dasar tersebut maka HRD mulai dapat memberikan training atau pelatihan yang tepat bagi calon pemimpin masa depan tersebut, berikan kesempatan para calon pemimpin tersebut mengikuti pelatihan yang ada supaya mereka dapat membuktikan diri mereka sebagai seorang pemimpin, melalui pelatihan tersebut maka dapat ditemukan kandidat yang tepat untuk mengisi posisi managerial yang kosong.

(sn/ic/bl)

Foto: cbttherapistnyc.com