Penjualan PC Seluruh Dunia Merosot Dalam 6 Kuartal Terakhir

Secara global penjualan PC terus menerus turun dalam enam kuartal terakhir sehingga menjadi kelesuan terpanjang dalam sejarah produksinya. Distribusi secara global komputer pribadi atau PC diperkirakan akan turun ke titik terendah pada 2013 yang telah jatuh 14 persen di seluruh dunia, demikian menurut lembaga riset International Data Corporation (IDC) seperti yang dilansir BBC News.

IDC mengatakan penjualan PC akan turun 10,1% tahun ini, lebih buruk dari perkiraan awal 9,7%. Dari beberapa survey juga mencatat pembelian PC seluruh dunia mencapai 76 juta unit di kuartal kedua, turun 10,9% dari tahun sebelumnya. Dan jika dibandingkan dengan penjualan tahun lalu penjualan produsen pc jatuh bahkan untuk produk HP dan Acer anjlok tajam.

Penjualan komputer pribadi akan semakin  turun pada 2014 mendatang tetapi dengan laju yang lebih lambat. Peminat PC sangat terbatas sehingga sangat sedikit peluang untuk melihat adanya pertumbuhan penjualan. Pengguna cenderung tidak membeli PC baru, tetapi hanya melakukan penggantian sistem dan software saja.

Penurunan penjualan PC ini semakin melemah dan tertekan sejak semakin populernya tablet dan smartphone. Namun sementara itu, jenis komputer jinjing ‘netbook’ sudah lebih dulu tenggelam pada tahun lalu, seiring dengan keputusan Asus dan Acer yang tidak lagi membuat laptop murah ini.

Kekhawatiran utama pada penjualan  PC dimasa mendatang adalah kurang flexibelnya sistem komputer yang ada sehingga tidak ada alasan bagi orang untuk mengganti sistem komputer yang sudah low end. Dan sistem komputer yang ada jauh dibalap sistem yang ada di tablet dan smartphone nantinya.

Hal lainnya yang membuat penjualan PC akan semakin menurun dimana harga dari tablet Android yang jauh lebih murah telah menarik konsumen di pasar negara berkembang. Sebagai informasi penjualan tablet saat ini sekitar 55-60 juta per kuartal, sedangkan penjualan PC rendah 80 juta .

 

(ja/JA/bl-bbc,slate.com,digitaltrends)