Marketing Strategy – Word Of Mouth (WOM)

(Business Lounge – Sales & Marketing) – Strategi Marketing melalui “Word Of Mouth” (WOM) merupakan salah satu strategi marketing yang cukup ampuh dan paling disukai oleh para pemasar. Saya yakin, Anda pun menyukai strategi ini, apalagi caranya sangat sederhana, cepat dan tanpa modal tapi bisa berdampak bagi peningkatan penjualan produk Anda. Pelanggan akan membicarakan mengenai Brand Anda kepada teman, keluarga atau kerabatnya, siapa yang tidak menginginkan hal tersebut? Sementara itu Anda tidak perlu mengeluarkan dana jor-joran untuk memasang iklan supaya dapat menarik konsumen.

Produk, layanan dan pengalaman pelanggan Anda yang menyenangkan akan memberikan sentuhan yang tak terlupakan kepada mereka sehingga secara otomatis akan mendorong pelanggan Anda melakukan pemasaran word of mouth atau komunikasi dari mulut ke mulut. Sejatinya dalam word of mouth, pelanggan menjadi “staf marketing” usaha Anda. Namun, untuk merealisasikan hal tersebut memang butuh kreatifitas dan supaya kegiatan promosi berefek pada word of mouth, puaskan pelanggan biar mereka loyal serta perbaiki faktor-faktor yang membuat pelanggan kecewa. Selain itu, perhatikan juga kecepatan pelayanan, keramahan, harga, rasa sampai pelanggan merasakan kepuasan. Kalau sudah sampai tahap ini, biaya tinggi untuk promosi bisa dipangkas karena budget biaya promosi yang tinggi akan mengurangi keuntungan.

Berikut ini 5 langkah yang dapat dilakukan untuk menstimulasi WOM dalam bisnis Anda :

1.Tanyakan Pelanggan

Tanyakan pada pelanggan mengenai hubungan antara produk/layanan Anda dengan mereka: alasan mereka beli, apa manfaatnya, apa yang mereka rekomendasikan kepada kenalan mereka dan biasanya berkomunikasi melalui media sosial apa. Dengan demikian, Anda akan memahami value produk/layanan Anda dimata pelanggan.

2. Ajarkan Pelanggan

Anda dapat memaparkan kepada pelanggan kelebihan serta keunikan dari produk/layanan Anda dan mengajarkan kepada mereka rangkaian kata-kata untuk dapat mempromosikannya kepada kenalan mereka

3. Ikut Sertakan Pelanggan

Anda jangan merasa gengsi untuk meminta saran & kritikan dari pelanggan mengenai produk/layanan Anda terkait dengan sejumlah inisiatif maupun langkah pemasaran. Orang biasanya senang jika dilibatkan dengan produk/layanan yang mereka sukai dan akan memberikan sense of belonging dihati pelanggan.

4. Testimoni Pengalaman Pelanggan

Pelanggan biasanya punya pengalaman unik ataupun testimonial mengenai produk Anda yang dapat Anda dokumentasikan dengan cara merekamnya lewat video, misalnya melakukan wawancara dengan pelanggan berhubungan dengan pengalamannya itu. Ini merupakan pengalaman original yang sangat berharga sehingga dapat dimanfaatkan menjadi bahan promosi produk Anda.

5. Penghargaan Pelanggan

Ketika pelanggan melakukan word of mouth yang hasilnya memuaskan bagi Anda, maka berikan apresiasi kepada mereka. Misalnya, mengadakan kontes seperti yang sedang marak sekarang adalah meminta pelanggan untuk menuliskan pengalamannya dengan suatu produk dan perusahaan produk tersebut menyediakan sejumlah hadiah untuk pengalaman terbaik. Selain itu, bisa juga dengan mengumpulkan poin reward dimana konsumen dapat menukarkan struk pembelian senilai nominal tertentu dan ditukarkan dengan hadiah langsung.

Intinya, segala strategi marketing ditujukan untuk meningkatkan penjualan produk dan kualitas layanan Anda, bahkan memberikan kepuasan bagi pengalaman pelanggan Anda. Apalagi jika Anda ingin menjadikan Brand Anda semakin besar, mulailah menstimulasi terjadinya WOM ini.

Strategi word of mouth ini dipersepsikan oleh konsumen sebagai sumber yang lebih dapat dipercaya, karena pengirim pesan yang mempromosikan diasumsi tidak mempunya hubungan dengan pemasar serta tidak sedang menjual sehingga penilaiannya lebih jujur dan obyektif dimana mereka dalam kondisi berbagi pengalaman.

(Friska Carolina/IC/BL)