‘Terima Kasih’, Magic Word Yang Sangat Bermakna

(Business Lounge – Services) Tentu anda masih ingat kapan pelajaran mengenal ‘terima kasih’ ini anda terima. Waktu masih kecil? Ya benar, sejak kecil atau menginjak sekolah taman kanak-kanak kita sudah diajarkan untuk mengatakan terima kasih pada saat seseorang memberikan sesuatu barang atau pertolongan kepada kita. Semakin lama berkecimpung di dunia service memberikan pengalaman kepada saya bahwa memang kata atau ungkapan terima kasih ini terbukti sangat ampuh dalam menjalin relationship ataupun dalam berbisnis.

The Magic Words
Apa itu? Tentu saja bukan kata-kata pesulap, tetapi kata-kata yang kalau akan ucapkan akan berdampak menyentuh hati lawan bicara, minimal mengesankan anda adalah orang yang santun. Beberapa kata yang sering dikategorikan sebagai magic word adalah: Maaf (meminta maaf karena bersalah atau sekedar permisi), Salam (menyapa :”apa kabar?”, “selamat pagi”atau sapaan lainnya) dan Terima kasih (atas pemberian atau perhatian atau bantuan apapun yang diterima). Kali ini yang akan dibahas secara khusus adalah ‘terima kasih’.

Arti kata terima kasih
Terima kasih adalah kata-kata atau ungkapan yang mengartikan bahwa seseorang bersyukur karena ada orang lain yang memberi atau membantu. Bagi penerima ucapan terima kasih artinya ada seseorang yang merasa bersyukur terhadap apa yang anda lakukan. Artinya anda menjadi berkat bagi orang lain.

Perilaku yang baik
Kebiasaan yang dipupuk sejak kecil akan menjadikan perilaku yang muncul dalam tata pergaulan sehari-hari termasuk kebiasaan mengucapkan terima kasih. Dalam kaitan dengan service atau pelayanan maka dalam pembahasan ini anda diposisikan sebagai pemberi pelayanan, baik sebagai cutomer service, petugas call center, kasir, penjaga toko atau petugas apapun. Ucapan ini menjadi sesuatu yang wajib diucapkan ketika seseorang selesai berkomunikasi atau bertransaksi dengan anda. Pengunjung yang selesai berbelanja, nasabah yang selesai membubuhkan tanda tangan pada formulir permohonan ATM, penelepon yang meluangkan waktu menelepon, tamu yang bersedia menunggu dan sebagainya. Berdasarkan penelitian maka ucapan terima kasih atau thank you ini diterima oleh semua kalangan dan dianggap sebagai bagian dari tata krama yang harus dilakukan.
Anda yang mengenal standar-standar pelayanan nasabah di sebuah bank tentu mengetahui bahwa kata ‘terima kasih’ merupakan bagian dari pelayanan yang harus dilakukan oleh para front liner (CS, Teller, Satpam dan Marketing) pada saat melayani nasabah. Kata ini menjadi bagian dari checklist penilaian performa standar pelayanan antar bank yang diukur dan dikompetisikan.

Bagaimana menjadikannya sebagai habit?

1. Mulailah sekarang
Kalau anda belum terbiasa mengucapkan kata terima kasih, maka mulailah sekarang sekalipun agak canggung. Sebab sopan santun merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan selama kita hidup bersosialisasi dengan orang lain.

2. Jadikan modal untuk membina hubungan baik
Apabila telah menjadi terbiasa maka anda akan terlatih untuk menghargai pemberian atau bantuan orang lain. Hal ini juga akan membantu anda untuk tidak mudah meninggikan diri atau sombong. Dengan berbekal etika yang baik maka akan memudahkan anda untuk menjalin hubungan baik dengan relasi baik untuk kepentingan hubungan baik maupun dalam hal bisnis.

3. Jadilah panutan
Tanpa banyak perkataan, kebiasaan anda untuk tahu berterima kasih akan diperhatikan dan dicatat orang dalam memorinya bahwa anda adalah orang yang baik, yang mempunyai etika. Hal ini langsung atau tidak langsung membuat orang lain khususnya anak buah akan melakukan hal yang sama seperti yang anda lakukan. Jadi, anda adalah panutan. Contoh yang baik lebih efektif daripada teori yang baik.

4. Lakukan dengan konsisten
Dalam proses belajar mengajar tidak ada istilah rocket science, artinya begitu disampaikan maka seseorang langsung melejit naik ke atas. Perlu kesetiaan dalam belajar. Lakukan, lakukan dan lakukan sekalipun ada saja kesalahan.

Selamat mencoba keajaiban kata ‘terima kasih’ dan rasakan manfaatnya. Terima kasih .

Emy Trimahanani/IC/BL

Emy Trimahanani : Managing Partner Divisi Soft Skill Development Vibiz Consulting dan kontributor folder Services di web Businesslounge

Foto: parade.com