Tornado Hancurkan Bangunan di Illinois dan Indiana

(Business Lounge – Word News) – Foto di atas menggambarkan bagaimana kedua orang ini  berpelukan di depan halaman rumah sambil mencari harta benda mereka usai disapu tornado di Washington, Illinois, Selasa (19/11) lalu. Petugas penyelamat di kota kecil Illinois yang tersapu tornado menyisir reruntuhan selasa setelah badai dahsyat yang menewaskan delapan orang di dua negara bagian dan menyebabkan kerugian properti senilai 1 milyar dolar AS

Tornado tersebit telah menyapu wilayah Midwest Amerika Serikat, menghancurkan bangunan dan kendaraan di negara bagian Illinois, Indiana dan Kentucky. Setidaknya ada delapan orang tewas dan dikhawatirkan beberapa ratus orang terluka akibat badai yang bergerak cepat. Sejumlah orang dilaporkan masih terjebak di dalam gedung.

Badai bergerak dengan angin berkecepatan 111km/jam dan terus berjalan menuju arah timur.

Semua korban tewas dilaporkan sebagian besar berada di Illinois yang merupakan wilayah terdampak paling parah. Sementara satu orang tewas di kota Washington, demikian disampaikan Melanie Arnold dari Badan Manajemen Darurat Illinois seperti dikutip oleh kantor berita Associated Press. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Saksi mata menggambarkan bagaimana sebagian besar Washington telah rata oleh tornado .

Extensive damage is pictured aftermath of tornado that touched down in Washington Illinois

Seorang saksi Karen Harris, operator truk makanan di Washington, mengatakan bahwa dia melihat mobil benar-benar hancur dan rumah-rumah hilang. Dia melihat kabel telepon roboh di mana-mana, sementara kabel yang masih beraliran listrik juga berantakan. Dia sendiri cukup trauma dengan apa yang dia lihat, tampak  suasananya terlihat seperti zona perang, demikian dia sampaikan.

Badan Cuaca Nasional memperingatkan “situasi yang sangat berbahaya” untuk bagian sentral AS. “Beberapa tornado dengan kekuatan tinggi bergerak cepat, badai parah, hujan es berukuran besar dan angin merusak diperkirakan masih akan turun di wilayah-wilayah ini,” disampaikan badan tersebut.

(ic/ic/bl)

Foto: Antara