Tokyo Motor Show Pamerkan Kendaraan Model Canggih

(Business Lounge – World News)  –  Dalam Tokyo Motor Show ini akan ada lebih dari 150 kendaraan yang dipamerkan oleh sekitar 170 lebih peserta dari kalangan industri otomotif. Peserta berharap bisa menarik perhatian konsumen akan mobil baru di tengah-tengah pelemahan penjualan.

Barisan mobil yang hemat bahan bakar dipamerkan di depan media pada Rabu ini. Masyarakat luas dapat memuji kecanggihannya mulai Sabtu mendatang. Produsen mobil Jepang beramai-ramai menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dalam Tokyo Motor Show.

Dalam pameran ini, Toyota Motor Corp memperkenalkan FV2. Kendaraan listrik beroda empat ini merupakan model Toyota yang paling futuristik. Bayangkan saja perpaduan antara skuter tiga roda dengan kendaraan transporter personal Segway. FV2 dapat disetir dengan posisi pengendara yang berdiri. Pengendara bisa mengubah arah dengan menggeser tumpuan berat badan mereka.

Toyota-FV2-concept-overhead-in-motion
FV2 memiliki kanopi serupa pesawat layang. Kanopi dapat melipat naik dari depan, sehingga menjadi layar bagi pengendara. Lewat layar itu, pengendara dapat mengetahui kondisi jalanan menggunakan data dari kendaraan sekitar serta layanan penyedia informasi lain.

honda_S660_2013TMS004
Sedangkan Honda Motor Co mengeluarkan S660, si mungil yang energik. S660 merupakan mobil konsep yang akan menjadi bintang Honda dalam pameran. Mengusung misi sebagai kendaraan sport dengan dua tempat duduk, S660 dilengkapi mesin 660 cc. Lewat mesin yang kecil itu S660 dapat melaju cepat, karena bobotnya yang super-ringan. S660 adalah model kendaraan mini terbaru Honda, segmen yang sukses memikat hati pasar Jepang dalam beberapa tahun terakhir. Model ini akan menjadi basis sebuah mobil sport mini yang diharapkan masuk pasar pada 2014.

Nissan-Bladeglider-16
Nissan Motor Co juga tidak mau ketinggalan, akan menonjolkan pencapaian teknologinya melalui BladeGlider. Dengan moncong panjang serta bentuk berupa segitiga, mobil futuristis ini layaknya kapal perang antarbintang dalam film fiksi ilmiah.

BladeGlider menggunakan motor penggerak pada roda. Motor listrik jenis ini dipasang di dalam roda mobil, sehingga memperluas kabin penumpang. Mobil ini dapat mengangkut tiga penumpang. BladeGlider memiliki dua motor, yakni pada roda belakang. Nissan mengaku ingin menjual mobil unik ini, meski tanggal peluncurannya belum ditentukan.

(ic/ic/bl-wsj)

Foto: noticias.coches.com