Why It Should Be a Good Leader?

Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan?

(Business Lounge – Leadership) – Menurut Sarros dan Butchatsky (1996), kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai suatu perilaku yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar turut berkontribusi mencapai tujuan yang disepakati bersama demi kepentingan individu maupun organisasi.

Sedangkan menurut Anderson (1988), kepemimpinan berarti menggunakan kekuasaan untuk mempengaruhi pikiran dan tindakan orang lain sedemikian rupa sehingga mencapai kinerja yang diharapkan.

Dengan kata lain, kepemimpinan lebih menekankan pada kemampuan seseorang dalam menggunakan persuasi untuk mempengaruhi bawahannya untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap orang terlahir dengan bakat kepemimpinan dalam dirinya, tinggal bagaimana ia mengembangkan bakat tersebut untuk menjadi pemimpin yang sesungguhnya.

Apakah Anda pemimpin yang baik?

Menjadi pemimpin yang baik bukanlah perkara yang mudah. Tidak semua pemimpin dapat menjadi pemimpin yang baik, bahkan tidak sedikit dari mereka gagal menjalankan tugasnya. Pemimpin memegang tanggung jawab yang besar dan akan menjadi panutan bagi bawahannya. Ada beberapa kriteria untuk menjadi pemimpin yang baik.

a.    Berwibawa dan tegas

Seorang pemimpin harus mempunyai wibawa dan tegas terhadap bawahannya. Jika pimpinan tidak berwibawa dan tegas, bawahan tidak akan menghargai pimpinan dan tidak menghormati segala bentuk peraturan yang ditetapkan oleh pimpinan tersebut.

b.    Fokus dan sigap

Menjadi seorang pemimpin harus fokus dalam melaksanakan tanggung jawab yang diberikan. Berkontribusi dalam memberi arah tujuan perusahaan dan mempunyai prioritas yang jelas. Pemimpin yang baik juga harus peka terhadap permasalahan yang timbul sehingga bisa dengan cepat mengambil keputusan yang tepat dalam kondisi apapun, permasalahan pun tidak akan tinggal berlarut-larut.

c.    Visi dan Misi

Seorang pemimpin harus memiliki visi dan misi yang jelas tentang arah dan tujuan yang ingin di capai oleh perusahaan. Jika pemimpin tidak memiliki visi, bawahan tidak akan bisa bekerja dengan efektif karena mereka tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dengan adanya tujuan yang jelas, pimpinan bisa memberikan bimbingan dan mengarahkan timnya unstuck mencapai tujuan tersebut. Seperti dalam berkendaraan, Anda harus memiliki tujuan yang jelas agar bisa menentukan jalan terbaik dan terdekat mana yang bisa ditempuh unstuck sampai di tempat tujuan.

d.    Rendah hati

Pemimpin yang rendah hati dan bisa berbaur dengan bawahannya adalah pemimpin yang baik karena dengan begitu hubungan akan lebih baik sehingga memperlancar kerjasama antara pemimpin dan bawahan. Pemimpin harus mampu mendengarkan masukan dari bawahan nya. Hal ini bertujuan agar pemimpin dan bawahan mempunyai kesepahaman dan tidak ada keputusan sepihak yang diambil. Pemimpin juga harus memberi pengakuan atas kontribusi yang telah diberikan oleh anggota, sehingga anggota merasa bahwa mereka dihargai dan diinginkan.

e.    Berpengetahuan

Seorang pemimpin harus mempunyai pengetahuan dan menguasai pekerjaan nya. Ini berarti bahwa pemimpin harus memahami seluk beluk, kekurangan dan kelebihan serta segala hal tentang bidang yang digeluti. Bagaimana anggota bisa mengerjakan sesuatu yang diberikan oleh atasan jika atasan sendiri tidak memiliki pemahaman yang baik atas pekerjaan tersebut?

f.    Menjadi panutan

Seorang pemimpin yang baik harus berdiri di garis terdepan dan memberikan contoh dan pengaruh yang baik bagi bawahannya. Dalam segala hal, dirinya mampu menjadi teladan. Jika pemimpin mewajibkan karyawan unstuck tepat waktu, Ia sendiri harus menunjukkan kepada karyawan nya bahwa Ia tepat waktu.

Mengapa kita perlu belajar menjadi pemimpin yang baik?

Setiap pemimpin dalam sebuah perusahaan pasti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin yang baik harus bisa menjadi teladan bagi para anggotanya. Dalam menjalankan perusahaan, setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinan yang khas dan berbeda satu sama lain.  Karena kepemimpinan tersebut berpengaruh pada sebuah perusahaan secara keseluruhan, maka tidak heran jika banyak perusahaan yang mewajibkan pemimpin dan karyawannya unstuck ikut serta dalam training-training kepemimpinan. Hal ini diharapkan agar para pemimpin bisa berlatih unstuck menjadi pemimpin yang baik dengan gaya kepemimpinan yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga dapat berdampak positif pada perusahaan tersebut.

Pengaruh kepemimpinan terhadap sebuah perusahaan dapat dilihat dari karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Menurut survey yang pernah dilakukan, tingginya tingkat turn over pada sebuah perusahaan, 75% disebabkan karena rasa tidak cocok karyawan terhadap pimpinan mereka. Maka jika kita menemukan sebuah perusahaan yang memiliki karyawan yang loyal, dapat disimpulkan bahwa pimpinan perusahaan tersebut telah memberi pengaruh positif terhadap suasana kerja dalam perusahaan tersebut.

Melihat pengaruh pemimpin terhadap perusahaan cukup signifikan, merupakan hal yang krusial jika seorang pemimpin harus berusaha dan belajar menjadi pemimpin yang baik. Tidak hanya akan mempengaruhi kredibilitasnya sebagai pemimpin, menjadi pemimpin yang baik juga akan menghasilkan karyawan yang respek dan loyal terhadap perusahaan, sehingga pemimpin dan anggotanya bisa bekerja bersama-sama mencapai tujuan perusahaan.

Oleh karena itu, jadilah pemimpin yang baik..!

(ic/ic/bl)