Manfaat Utama SOP Manajemen Risiko

(Business Lounge –  Risk Management) – Standard Operating Procedure (SOP) adalah serangkaian prosedur atau instruksi yang menjadi standar dalam pengoperasian suatu bisnis. SOP merupakan salah satu tools yang powerful dalam rangka membantu bisnis mencapai tujuannya.

SOP Manajemen Risiko merupakan salah satu yang mutlak diperlukan dalam rangka menjelaskan mengenai bagaimana prosedur standar dalam mengelola risiko dalam suatu organisasi. Berikut ini adalah manfaat utama dari suatu SOP Manajemen Risik

Clarity
Melalui SOP manajemen risiko, terdapat kejelasan mengenai risiko apa yang berpotensi untuk terjadi serta batasan-batasan risiko yang dapat diterima maupun tidak. SOP sudah mencakup langkah-langkah detail mengenai bagaimana suatu pekerjaan harus dilakukan. Sehingga, karyawan dapat memahami dengan jelas mengenai bagaimana ia harus melakukan pekerjaannya. Dalam manajemen risiko, SOP juga bertindak selaku pagar yang membatasi operasi supaya berjalan sesuai dengan koridor yang ada. Seandainya risiko tersebut terjadi, maka SOP membantu dalam memberikan arahan mengenai langkah-langkah apa saja yang perlu diambil.

Misalnya, seorang fund manager yang mengelola portfolio investasi, tentunya punya risiko mengalami kerugian investasi. Adanya SOP manajemen risiko misalnya, memungkinkan fund manager tersebut tidak terlibat pada tindakan spekulasi yang berlebihan dan mengakibatkan kerugian.

Compliance
SOP merupakan sesuatu hal yang mutlak jika Anda ingin compliance (patuh) dengan standar yang berlaku internasional. Seiring dengan ketatnya persaingan bisnis, kualitas menjadi bagian yang paling penting. Oleh karena itu, compliance terhadap standar kualitas menjadi salah satu persyaratan utama.

Contohnya, yakni ISO 9001: 2008 yang merupakan standar quality management yang berlaku secara internasional, dan dapat digunakan oleh berbagai macam organisasi. Melalui compliance terhadap ISO 9001:2008 ini, maka memungkinkan barang/jasa dari suatu organisasi memperoleh standar yang diakui dan dihargai secara internasional.

Communication
SOP Manajemen Risiko merupakan perangkat dalam rangka mengkomunikasikan prosedur standar manajemen risiko yang berlaku di organisasi kepada seluruh karyawan. Dengan SOP, maka ini menghindari terjadinya miskomunikasi atau misinterpretasi yang berpotensi terjadi pada komunikasi secara lisan.

SOP bisa langsung dibaca oleh seluruh karyawan, baik karyawan lama maupun karyawan yang baru. Seandainya diperlukan, maka SOP terdokumentasi dengan baik, sehingga bisa langsung diakses tanpa harus mengulang komunikasi secara panjang-lebar.

Evaluation
Seandainya terdapat SOP manajemen risiko, maka langkah-langkah manajemen risiko sudah terdokumentasi dengan baik. Sehingga, hal ini dapat menjadi dasar evaluasi dari implementasi manajemen risiko yang terjadi di lapangan. Bandingkan SOP dengan data aktual, lakukan kajian dan evaluasi terkait dengannya.

Demikian adalah beberapa manfaat utama dari SOP Manajemen Risiko. Intinya, SOP Manajemen Risiko memungkinkan organisasi Anda dalam hal kepatuhan terhadap risiko, membantu pemahaman terhadap manajemen risiko, memperlancar komunikasi manajemen risiko serta mengevaluasi implementasi manajemen risiko. SOP Manajemen Risiko jelas merupakan salah satu yang penting dimiliki organisasi dalam pencapaian tujuan secara efisien dan efektif.

(rp/ic/bl)