(Business Lounge – Technology) – Apple saat ini memang telah memperluas bisnisnya ke industri otomotif. Salah satu yang sudah dilakukan Apple adalah meluncurkan iTunes Radio dalam kendaraan melalui kontrak eksklusif dengan produsen mobil asal Jepang, Nissan.

Menurut ABI Research, kegiatan yang baru dilakukan belum lama tersebut menunjukkan bahwa pertumbuhan dalam pasar teknologi otomotif terbaru diperkirakan akan meningkat pada tingkat yang cerah di tahun-tahun mendatang.

ABI Research bahkan yakin kalau sistem operasi Apple iOS bisa disematkan pada 50 persen sistem hiburan mobil di tahun-tahun mendatang.

Secara khusus, ABI Research melaporkan bahwa pengintegrasian smartphone ke dalam sistem hiburan mobil akan terus berkurang dalam lima tahun ke depan.

Untuk informasi, saat ini diketahui sekitar 35,1 juta kendaraan bisa mengintegrasikan perangkat hiburan dengan smartphone. Dari jumlah tersebut, sekitar 43,6 persen dari total kendaraan tersebut sudah dilengkapi dengan sistem MirrorLink.

Meskipun begitu, ABI Research yakin Apple akan melakukan pendekatan yang berbeda dengan cara menyematkan sistem operasi iOS pada sistem hiburan mobil. Dengan cara ini, Apple diprediksi bisa menguasai 49,8 persen pasar tersebut pada tahun 2018 .

Meskipun begitu, perkembangan pasar ini masih bergantung dengan rencana dari para produsen mobil. Namun, bila melihat perkembangan yang ada, keberhasilan pasar perangkat hiburan mobil dengan sistem operasi khusus sangat terbuka lebar.

“Teknologi hiburan mobil saat ini masih menghadapi tantangan yang sulit, tidak hanya bagaimana mencari cara terbaik untuk mengintegrasikan smartphone ke dalam kendaraann. Tetapi juga mempertahankan integrasi tersebut sesuai dengan umur kendaraan dan teknologi smartphone yang sangat cepat berkembang,” kata Principal Analyst ABI Research, Gareth Owen .

Saat ini memang tidak dapat dipungkiri bahwa banyak konsumen yang menuntut untuk dapat menggunakan smartphone mereka di dalam mobil. Untuk mengakomodasi keinginan para konsumen, beberapa produk mobil mewah sudah dilengkapi dengan sistem hiburan khusus yang dapat dikoneksikan dengan smartphone.

(ra/IC/bl-vbn)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.