Tips Mengelola Work Stress

(Business Lounge – HR) – Work-stress tentunya berdampak buruk baik bagi employer maupun individu yang bersangkutan. Stress bisa berpengaruh kepada kondisi kesehatan individu. Sementara itu, individu yang stress, seperti sudah diungkapkan diatas, semangat kerjanya jadi menurun, kinerjanya memburuk hingga berniat untuk keluar. Lalu bagaimana langkah-langkah yang bisa diambil untuk mencegah maupun mengatasi work-stress ini?

Bagi individual yang mengalami stress, maka bisa mengikuti beberapa tips berikut:

Take Time to Relax
Ada kalanya pikiran sudah terlalu jenuh untuk melakukan pekerjaan. Bagaimanapun Anda mencoba untuk berpikir, hasil kerja Anda tidak akan maksimal, karena pikiran sudah terlalu capek. Beristirahat sebentar tidak ada salahnya, dengan catatan jika kondisi Anda sudah kembali normal maka Anda akan kembali kepada pekerjaan.

Lakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat Anda lebih rileks, seperti berjalan-jalan di pagi hari, ataupun membaca buku. Sementara itu, khusus bagi wanita, mungkin bisa menikmati pergi ke salon dan melakukan treatment seperti lulur, pijat, maupun spa yang bisa membantu proses relaksasi.

Sementara itu, selama bekerja di kantor, Anda bisa beristirahat beberapa menit setiap beberapa jam, misalnya dengan menikmati teh, mendengarkan musik yang menenangkan, melihat pemandangan ke luar jendela, mengistirahatkan mata, hingga merenggangkan otot dan syaraf sejenak. Bagi saya sendiri, melihat hijaunya pohon-pohon keluar jendela sambil mendengarkan musik yang menyejukkan bisa menjadi obat yang mujarab dalam menenangkan diri.

Stay Healthy
Pastikan bahwa Anda menjaga kesehatan dengan baik, karena orang yang stress cenderung rentan terhadap penyakit. Makan dengan teratur, perhatikan asupan gizi yang masuk, banyak minum air, tidur yang cukup, serta lakukan aktivitas olahraga seperti jogging, yoga, hingga senam yang menyehatkan fisik maupun mental Anda. Seberapa buruk level stress Anda, hindari aktivitas yang justru semakin mengganggu kesehatan seperti merokok, minum minuman keras, hingga makan junk food.

Seandainya kesehatan fisik Anda terganggu, jangan ragu untuk hubungi dokter. Sementara itu, jika mental Anda masih tertekan juga, Anda bisa mempertimbangkan untuk konsultasi kepada psikolog.

Keeping Good Relationship
Interaksi yang baik dengan orang sekitar maupun orang terdekat Anda mampu berperan dalam meredakan stress. Meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan orang-orang yang Anda kasihi bisa membantu dalam melupakan sejenak masalah-masalah yang terkait dengan pekerjaan. Menjalin hubungan baik juga seharusnya Anda terapkan di kantor, misalnya karena rekan kerja adalah orang-orang yang sepanjang hari berhubungan dengan Anda.

Demikian adalah tips-tips bagi individual yang mengalami work-stress. Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa tips bagi employer yang ingin mengurangi work-stress yang dialami oleh para pekerjanya:

Pertama, pastikan bahwa hiring yang dilakukan tepat, yakni calon karyawan tidak hanya sesuai dalam hal kualifikasi, melainkan juga minat. Sehingga karyawan memang menyukai pekerjaan yang dilakukannya, dan mencegah kemungkinan terjadinya stress. Kedua, ciptakan lingkungan kerja yang kondusif, mulai dari atasan hingga rekan kerja yang bisa diajak untuk kerjasama, rencana kompensasi yang adil, serta deskripsi dan beban kerja yang jelas. Ketiga, ciptakan lingkungan kerja yang memberikan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, meskipun ini masih jarang diterapkan. Misalnya, menerapkan fleksibilitas dalam pekerjaan untuk wanita yang sudah berumah tangga.

Demikian adalah beberapa tips dalam mengatasi work-stress bagi individual maupun employer. Bagaimana dengan strategi Anda sendiri dalam mengatasi stress?

(sk/ic/bl)

Foto : quixoticonline.com