Keindahan Karang Di Kepulauan Togian

(Business Lounge – Travel) Pulau-pulau di Indonesia memiliki keindahaan alam bawah laut yang indah dan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk mengunjunginya. Salah satu pulau yang layak di kunjungi adalah Pulau Togian. Pulau Togian ini masuk dalam Taman Nasional Kepulauan Togian, letaknya di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah.

togian

Kepulauan ini dikenal kaya dengan terumbu karang dan berbagai jenis biota lautnya yang dilindungi. Kepulauan Togian merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki tiga lingkungan karang yang berbeda yaitu karang atol, karang barier dan karang pantai. Karang atol ini berbentuk pulau karang yang ditengah-tengahnya terdapat danau yang dalam. Karang barier merupakan deretan karang yang berjejer mengelilingi pulau menyerupai benteng atau dinding di laut yang melindungi pulau dari terjangan ombak laut. Karang ini di kedalaman 200 meter dan muncul diatas permukaan laut sampai dengan beberapa meter.

3a

Banyak wisatawan asing dari Eropa seperti Italia, sedangkan dari Asia yang berkunjung ke pulau Togian ini adalah wisatawan Jepang. Untuk dapat berkunjung ke pulau ini kita dapat menggunakan rute pesawat dari Jakarta menuju Palu atau Luwuk, dari kota tersebut dilanjutkan dengan menggunakan angkutan darat menuju Ampana. Dari Ampana dilanjutkan dengan perahu menuju Wakai dan Malenge. Jadwal rutin perahu dari Ampana setiap hari pukul 10.00-11.00. Selain melalui kota Palu atau Luwuk, kita dapat mendatangi Kepulauan Togian ini melalui Gorontalo, kemudian dilanjutkan perjalanan ke Marisa untuk naik perahu ke Dolong atau Wakai.

5a

Kepulauan Togian memiliki ekosistem pulau-pulau kecil yang alami di Teluk Tomini dan kekayaan alam bawah laut seperti terumbu karang telah menjadi tempat hidup ikan-ikan yang berwarna-warni.  Berbagai aktifitas dapat dilakukan seperti memancing, diving, dan snorkeling.

 7a

Salah satu pulau yang wajib untuk dikunjugi yaitu Pulau Kadidiri, pulau ini merupakan pulau paling populer di Togian.  Pulau ini menawarkan keindahan pantai dengan lokasi snorkeling dan menyelamnya. Pantai Pulau Kadidiri memiliki arus tenang. Tersedia banyak penginapan dengan harga terjangkau di sebelah barat pantai dengan deretan batu karang terjal yang menjadi habitat ikan dan kepiting karang.

(Handi/IC/BL-BD)