Teknologi Android Segera Digunakan Pada Mobil

(Business Lounge – Automotive) Tidak hanya disematkan pada perangkat-perangkat seperti smartphone, tablet, ataupun laptop saja. Sistem operasi buatan Google yaitu Android sebentar lagi akan segera disematkan pada mobil.

Siapa yang akan melakukan ini ? Rencana ini akan dilakukan oleh produsen mobil, Tesla Motor. Hal itu terungkap pada sebuah konferensi yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu.

Menurut CEO Tesla Motors, Elon Musk perusahaannya telah memiliki beberapa rencana ke depan untuk pembuat mobil Model S yang memiliki emulator pertama bersistem operasi Android dan Chrome browser.

Emulator Android itu akan bekerja dalam sebuah dashboard layar sentuh kapasitif berbasis sistem kontrol ukuran 17 inci yang menawarkan browser Google Chrome khusus buatan pengembang.

Bagi yang belum mengetahuinya, Tesla S selama ini memang dibuat dengan memiliki fitur sistem dashboard berlayar sentuh kapasitif ukuran 17 inci. Selain digunakan pada mobil Tesla, teknologi ini juga sudah disematkan pada mobil-mobil pabrikan lain.

Dengan teknologi ini, nantinya pengemudi dapat melakukan kontrol navigasi pada kendaraan tanpa harus menggunakan tombol-tombol fisik yang membuat penuh bagian dashboard.

Menurut Musk, Android versi khusus untuk mobil ini akan memiliki basis sistem Linux dan sudah dalam tahap pengembangan. Hal ini diprediksi akan memberikan pengembang kesempatan untuk menciptakan aplikasi baru untuk emulator Android tersebut.

“Ini ada langkah maju untuk masa depan perusahaan. Dengan emulator Android ini, tentunya pengguna kami akan mendapat layanan baru buatan para pengembang yang tidak pernah ada pada mobil lain,” ujar Musk.

Meskipun begitu, Elon Musk juga menyebutkan kalau mobil itu kemungkinan besar baru akan diluncurkan pada tahun 2014. Hal ini disebabkan pengembangan teknologi ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penyelesaiannya.

(RA/IC/BL-VBN)