Akuntansi Bisnis Usaha Kecil (Small Business)

(Business Lounge – Finance) – Kalau anda menjalankan suatu bisnis, maka anda memerlukan akuntan. Tidak peduli sebesar apapun bisnis anda, baik bisnis usaha kecil atau usaha besar, maka anda perlu menyewa akuntan yang professional untuk menjaga data keuangan bisnis anda atau anda sendiri yang menjadi akuntan. Menyewa seorang akuntan yg profesional untuk menangani transaksi tiap-tiap hari dari bisnis usaha anda adalah hal yang penting, khususnya jika anda memiliki banyak tugas untuk menjalankan bisnis anda secara efisien. Ingatlah, bahwa akuntansi adalah proses yang penting dalam setiap bisnis dan haruslah menjadi prioritas dari pemilik bisnis usaha tersebut. Mungkin sekarang anda merasa belum memerlukannya, tetapi ketika waktu pelaporan pajak tiba maka anda akan menemukan bahwa anda tidak memiliki data yang tercatat dengan benar.

Saat –saat terakhir dari waktu pelaporan, khususnya ketika anda harus membayar pajak, anda akan merasa repot. Jadi, carilah akuntan profesional yang dapat menangani proses akuntansi bisnis anda. Bisnis usaha itu adalah milik anda dan adalah hak anda untuk memutuskan strategi yang akan dijalankan untuk hal ini. Banyak dari orang ketika memulai bisnis tidak peduli dengan pencatatan transaksi secara rapi dan terdokumentasi dengan baik, sehingga pada akhirnya berakhir dengan jalan buntu. Jalan terbaik adalah anda harus memiliki seorang akuntan yang profesional atau menyewa jasa (service) dari kantor akuntan yang profesional. Ada beberapa kantor akuntan yang memang spesialisasi untuk service bisnis yang kecil (small) atau bisnis perorangan.

Tentunya kalo anda mau menyewa seorang akuntan atau jasa dari perusahaan akuntan yang menangani aspek yang vital dari bisnis anda, anda akan memilih profesional yang terbaik. Anda perlu menseleksi dan melihat kualifikasi dari perusahaan akuntan tersebut. Jangan membuat kesalahan dengan langsung menyewa jasa dari perusahaan akuntan pertama yang anda temui. Anda harus melihat secara berhati-hati jasa apa yang mereka tawarkan dan temukan apakah itu sesuai dengan bisnis usaha anda. Apa yang sesuai untuk bisnis yang lain, sekalipun itu juga bisnis yang tidak besar seperti anda, belum tentu tepat untuk bisnis anda. Jadi, berhati-hatilah! Banyak dari perusahaan akuntan yang menyediakan solusi akuntansi untuk bisnis yang kecil (small) dan juga untuk bisnis perorangan.

Pastikan anda berbicara kepada akuntan yang anda sewa tentang apa yang anda butuhkan sesuai dengan kualifikasi anda. Setelah anda menerangkan seluruh proses akuntansi dari bisnis anda kepada profesional itu, anda tidak perlu kuatir lagi. Hanya pastikan anda tetap memeriksa pekerjaan yang telah dilakukan dan memastikan apakah semua data telah di maintain dengan benar. Kalau ada pertanyaan yang timbul mengenai pekerjaan yang telah dilakukan akuntan anda, pastikan untuk mengklarifikasikan hal tersebut dengan akuntan anda. Ini adalah bisnis anda, sehingga anda berhak tahu jelas apa yang telah mereka lakukan untuk memaintain bisnis anda dengan benar.

(ic/ic/bl)

Iin Caratri : Head Research of Vibiz Management Centre , Managing Partner Divisi FATS dari Vibiz Consulting dan juga sebagai  Executive Editor di Businesslounge.co
Twitter : @iincaratri

Pic : segment.com