Berpadunya Keindahan Alam di Pedernales Falls State Park

(Business Lounge-Travel) Pedernales Falls State Park mungkin belum terlalu tersohor seperti taman nasional lainnya di Amerika Serikat. Terletak di Texas, tepatnya 16 kilometer sebelah timur Johnson City dan 48 kilometer sebelah barat kota Austin.

Tamannya yang unik dan indah sendiri terletak di Pedernales River, di selatan danau Travis. Pada awalnya taman nasional ini adalah sebuah ranch yang dikenal sebagai Circle Bar Ranch. Pemerintah pun mengelolanya menjadi taman nasional pada tahun 1970 dan dibuka untuk umum pada tahun 1973.

Pemerintah menyulap ranch yang ada menjadi suatu kawasan wisata yang sangat menjanjikan. Baik dari segi investasi ataupun keindahan lokasinya. Terlihat jelas bagaimana pemerintah lokal bekerja sama dengan para stakeholders dan juga para investor dalam menjadikan area ini menjadi gold area. Sebab bukan hanya sekedar taman biasa yang berusaha diciptakan oleh pengelola tapi suatu tempat rekreasi bagi keluarga dengan segala fasilitasnya.

park 3

Keunikan topografi area ini menjadi modal utama pengembang lahan untuk menonjolkan tempat-tempat mana yang punya keunikkan sendiri. Seperti yang dapat kita lihat ada savana rumput hijau ataupun lokasi yang menyerupai padang gurun. Kondisi ini benar-benar dimanfaatkan pengembang dan pengelola menciptakan kreasi-kreasi inivatif sehingga bisa menyajikan suguhan yang menarik.

park 2

Coba tebak, apa yang paling sering kita temui dari taman nasional? Biasanya danau, kawasan pejalan kaki dan para pecinta olahraga sepeda, lintasan-lintasan untuk jogging di dalam hutan kecil atau taman untuk mengadakan piknik kecil serta berkemah. Tak terpikir pasti bagi kita bahwa di lokasi ini kita bisa menemukan fasilitas kolam renang yang cukup fantastis lengkap dengan pipa besar untuk pengunjung berseluncur.  Tidak hanya itu disediakan pula lintasan khusus bagipara backpacker. Suatu paket wisata yang lengkap!

park 1

Dari gambaran diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pengelola menerapkan konsep wisata alam berpadu dengan konsep taman rekreasi.  Dinas Taman Kota Texas bekerjasama dengan wildlife department berusaha menjaga kawasan ini selama 30 tahun ini. Dan dari hasil survey pendapat para wisatawan yang berkunjung maka hampir semua memberikan respon puas terhadap pelayanan dan sarana yang tersedia.

(Tania Tobing/IC/BL)

Dari Berbagai Sumber