(Business Lounge – Marketing) – Setiap bisnis harus memiliki “USP”: a Unique Selling Proposition. USP adalah hal yang membedakan produk atau jasa anda dari para pesaing lainnya, hal ini menjadikan anda spesial. Tanpa suatu Unique Value Proposition ( UVP ) maka perusahaan Anda ada dalam satu bahaya dimana perusahaan Anda akan tenggelam di tengah-tengah lautan persaingan bisnis yang ketat di masa ini.
Dengan memiliki USP perusahaan anda akan meningkatkan posisitioning dan pangsa pasar karena:
1. Unique – hal ini membuat anda berbeda dengan yang lain
2. Selling – membujuk pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan
3. Proposition – adalah proposal atau usulan untuk diterima
Bagaimana mengembangkan USP:
USP adalah apa yang anda tawarkan kepada pelanggan anda. USP harus menarik sehingga dapat digunakan untuk menjual produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengembangkan UPS:
1. Kenali pelanggan anda
Untuk membuat USP yang efektif, anda harus mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan anda. Anda harus mengenali customer Anda, sehingga Anda dapat memahami hambatan atau kendala yang menghalangi pelanggan membeli produk Anda dan apa saja yang membuat produk Anda menjadi pilihan utama dari pelanggan. Penjualan jasa dan produk anda ditentukan oleh apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan anda. Anda tidak akan menghasilkan apa apa dengan menjual sesuatu yang tidak diinginkan atau dibutuhkan oleh orang lain. Selain itu, menjual sesuatu yang dibutuhkan tetapi tidak diinginkan seseorang atau sebaliknya jugalah tidak berguna. Oleh karena itu penting bagi USP anda untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan anda
Anda dapat menemukan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan anda dengan melakukan wawancara, diskusi, ataupun melakukan survey terhadap pelanggan anda.
2. Manfaatkan keunggulan anda untuk membedakan anda dari pesaing anda
Anda harus mengenali apa kelebihan jasa atau produk yang anda tawarkan. Apa yang diinginkan oleh pelanggan adalah keuntungan apa yang mereka dapatkan dari jasa atau produk anda. Bagaimana produk atau jasa yang anda tawarkan dapat mengatasi masalah atau memperbaiki hasil yang didapatkan oleh pelanggan anda. Kunci utama untuk mendorong pelanggan anda membeli jasa atau produk yang anda tawarkan adalah dengan menawarkan keuntungan melebihi apa yang ditawarkan oleh pesaing anda. USP anda harus fokus terhadap hal hal berikut:
• Keuntungan apa yang paling penting yang dapat ditawarkan bagi pelanggan anda
• Keuntungan apa yang hanya dapat ditawarkan oleh anda bukan pesaing anda
• Cantumkan dalam kalimat yang mudah dimengerti, pendek dan unik
Melalui USP, anda harus menunjukkan kepada pelanggan bahwa produk Anda berbeda dan unik sehingga pelanggan akan memilih produk Anda.
3. Deliver (penuhi / berikan) USP yang anda tawarkan
Anda boleh berlebihan ketika mengembangkan USP tetapi anda harus memastikan bahwa anda dapat memenuhi semuanya. USP yang unik / menarik/ kuat dapat membuat bisnis anda menjadi sukses, tetapi jika anda tidak memenuhi apa yang anda tawarkan hal ini dapat merusak reputasi anda.
(Lina Moses/IC/BL)
Lina Moses : Kontributor Business Lounge folder Sales dan Service di web Business Lounge