Pentingnya Melakukan Penjualan Secara Langsung

(Business Lounge – Marketing) Mungkin Anda sering melihat seorang salesperson yang menjual barang dagangan atau menawarkan produk di pinggir jalan. Pernahkah Anda membeli salah satu produk yang ditawarkan karena rasa belas kasihan melihat kegigihan para salesperson melakukan penawaran kepada calon customer. Kita sering bertemu dengan para salesperson yang begitu gigih menawarkan produk , di mall-mall kita melihat mereka menawarkan jasa credit card dari berbagai bank terkemuka dengan penampilan yang semenarik mungkin. Tidak jarang mungkin kita menghindari mereka dan merasa sedikit terganggu dengan kehadiran mereka.

Salesperson yang sering kita temui di mall atau di jalan-jalan sebenarnya memiliki kemampuan yang sales yang handal. Mereka dapat melakukan pendekatan kepada  calon customer yang baru saja ditemui pada saat itu. Tentu saja hal ini tidak mudah, diperlukan keberanian dan kemampuan untuk mendekati seseorang untuk menawarkan sesuatu yang hendak kita jual. Disinilah sangat diperlukan kemampuan seorang salesperson, bagaimana membuat seseorang yang tidak dikenal dapat melakukan pembelian dari produk yang ditawarkan.

Kemampuan seorang salesperson dapat dilihat dari bagaimana dia berhasil mempengaruhi seseorang dari tidak berminat menajdi berminat bahkan melakukan pembelian dari produk yang ditawarkan. Seorang salesperson haruslah memiliki kemampuan mendekati seseorang dan memulai sebuah pembicaraan yang menarik. Faktor keberanian sangat diperlukan disini. Ketika Anda melakukannya, tidak jarang Anda akan menghadapi penolakan baik secara halus atau bahkan kurang menyenangkan.

Seorang salesperson harus dapat melakukan penjualan secara langsung , sehingga itu akan melatih kemampuan Anda dalam bermarketing.  Suatu pengalaman berharga ketika Anda dapat mengadakan kontak langsung dan melakukan penjualan terhadap calon customer Anda. Dalam melakukan penjualan secara langsung, hal-hal yang harus Anda perhatikan yang akan mengembangkan cara bermarketing Anda, antara lain :

Milikilah suatu keberanian menghadapi banyak orang dengan berbagai karakter yang berbeda. Segala kemungkinan response calon customer dapat Anda hadapi pada saat Anda melakukan penjualan langsung. Hal ini akan membuat Anda dapat belajar menghadapi segala response orang lain terhadap apa yang Anda tawarkan.

Berpenampilan menarik, dalam hal ini Anda harus berpenampilan menarik , juga cara berkomunikasi yang baik dan menyenangkan sehingga orang lain akan tertarik untuk mendengarkan Anda bahkan mengikuti apa yang Anda minta dari mereka yaitu melakukan pembelian.

Gigih dalam menghadapi setiap keadaan. Tidak jarang Anda akan ditolak tetapi jangan khawatir, penolakan bukan berarti kegagalan bagi karir Anda. Anda dapat mencoba lagi apda kesempatan berikut dan pada calon customer yang lain. Tidak ada keberhasilan yang diraih tanpa melalui sebuah penolakan. Jangan pernah takut ditolak, kalaupun itu terjadi, ingatlah bahwa masih ada kesempatan berikutnya .

Happy Selling !!

(Indriani Vera/IC/BL)