Brosur Sebagai Senjata Dalam Pemasaran Inovatif

(Business Lounge – Marketing) – Setiap perusahaan yang sukses menggunakan brosur sebagai satu unsur yang penting dalam strategi  pemasarannya.  Brosur merupakan  strategi pemasaran yang inovatif yang dapat memenangkan hati pelanggan dan kompetitor Anda.

Dalam dunia bisnis yang  kompetitif pada hari ini perlu bagi suatu perusahaan  untuk mendesain brosur perusahaan mereka dengan cara  semenarik mungkin bagi konsumen dan masyarakat umum  Dengan semakin meningkatnya  kompetisi di zaman ini maka untuk mempengaruhi orang dengan perkembangan teknologi juga menjadi semakin mudah.

Metode untuk  mempengaruhi orang  banyak digunakan  oleh perusahaan dan organisasi di seluruh dunia. Salah satunya melalui brosur yang dirancang dengan sedemikian menariknya.

Apakah brosur  itu ? Brosur merupakan suatu  informasi, baik dalam bentuk secarik kertas, selebaran, buklet atau semacam iklan yang dirancang dengan cara yang menarik untuk mempengaruhi keputusan pelanggan dan membuat mereka lebih tertarik pada produk atau layanan Anda.

Perusahaan-perusahaan  berkompetisi  dengan ide-ide inovatif untuk brosur mereka. Tujuannya adalah  membuat produk atau perusahaan mereka sangat menarik sehingga dapat  menarik minat bagi pelanggan. Banyak orang  yang dapat dengan  mudah dipengaruhi oleh iklan  dalam bentuk brosur ataupun leaflet

Sebuah leaflet biasanya akan  dibuang oleh  pelanggan. Mengapa  ? Leaflet yang hanya berwarna hitam dan putih tidaklah menarik, tetapi leaflet yang  penuh dengan warna-warna cerah akan  menarik perhatian orang. Anda  perlu memahami psikologi  konsumen  dan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Brosur ada dua jenis. Jenis pertama adalah brosur berisi  setiap informasi yang perlu diketahui oleh pelanggan   yang dapat meyakinkan pelanggan  bahwa pelanggan tidak bisa  melakukannya  tanpa produk atau jasa tertentu yang Anda tawarkan

Jenis  lainnya  adalah  brosur yang dirancang dengan desain sangat menarik, dengan satu dengan banyak gambar dan warna-warni.
Brosur hanya berisi informasi singkat tentang produk Anda dan membuat pelanggan ingin mengetahui   informasi lebih lanjut tentang produk tersebut. Brosur yang dirancang dengan cerdik, brosur tersebut dapat  menarik minat banyak pelanggan.  Pada saat ini banyak perusahaan yang mengikuti prosedur ini untuk membuat pelanggan lebih tertarik pada produk perusahaan mereka

Brosur dapat dibuat oleh perusahaan Anda sendiri ataupun memakai jasa seorang desainer grafis..  Dengan memperhatikan   konsep, desain, tata letak, fotografi sampai dengan  pencetakannya. Pastikan bahwa brosur tersebut sesuai dengan  target market Anda dan merepresentasikan perusahaan Anda dengan cara sebaik mungkin.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan Brosur Anda :
– Siapa target market Anda?
– Pesan apa yang terdapat dalam Brosur,  yang  dapat menarik  perhatian target market  Anda ?
– Pastikan  Brosur Anda  mewakili perusahaan Anda
– Pastikan Brosur Anda  berkualitas tinggi.

Brosur yang didesain dengan menarik dan berinovasi terbukti dapat mempengaruhi orang dengan  sangat mudah dan dapat  mempengaruhi keputusan yang telah dibuat oleh konsumen sebelumnya. Seperti  itulah daya /  kekuatan dari sebuah brosur yang menarik. Semakin menarik sebuah brosur, maka  semakin banyak orang akan tertarik !

Bahkan di era Internet pada saat ini, banyak perusahaan melakukan promosi di Internet.Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah promosi dengan menggunakan Brosur  memiliki daya tarik visual langsung, dan pelanggan dapat  merasakan sentuhan dari brosur yang  jauh di luar apa yang dapat mereka temukan di web atau dalam presentasi multi-media.

Beberapa teman saya memiliki pengalaman bagaimana mereka membeli suatu produk barang karena brosur yang menarik yang mereka terima dari marketing produk tersebut. Sekalipun mereka belum pernah mendengar pengalaman dari pemakai produk itu dan bahkan harganya pun relatif tidak murah, tetapi mereka tetap membeli produk itu. Hal itu menunjukkan bahwa brosur yang menarik dan berinovasi terbukti dapat mempengaruhi orang dengan sangat mudah, juga mempengaruhi keputusan teman saya itu untuk membeli produk.

Brosur yang  berkualitas tinggi dan  Cerdas dapat menarik perhatian Audience Anda. Ingatlah Brosur yang paling menariklah yang akan mendapatkan  /  mencapai hasil yang terbaik.

(Debbie Kusuma/IC/BL)

pic : http://the-marketeers.com