Pertama Kalinya Sejak 2008, Yahoo! Berhasil Menyalip Google di Amerika

(Business Lounge – Business Today) Baru-baru ini lembaga riset web comScore mengeluarkan penilaian terbaru mengenai peringkat US Web properti dalam hal pengunjung web selama bulan Juli kemarin dan hasilnya Yahoo! berhasil mengalahkan Google.

Hasil yang diperoleh Yahoo! ini merupakan kemenangan berkat manuver yang kuat dari CEO Yahoo! Marissa Mayer. Yahoo! diperkirakan memiliki 197 juta pengunjung unik selama bulan Juli kemarin unggul tipis dibandingkan Google yang mencapai 192 juta pengunjung unik, hal itu berarti pencapaian pengunjung unik Yahoo melonjak 21 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Sementara raksasa teknologi lain seperti Microsoft, Facebook dan AOL masing-masing dibulatkan dan keluar dari lima besar.

Menurut MarketingLand, hasil ini adalah yang pertama kalinya bagi Yahoo! berada di atas daftar ini sejak Maret tahun 2008 lalu.

Pada bulan Juni lalu, Google memimpin dengan 193 juta pengunjung, sedangkan Yahoo memiliki 189 juta pengunjung. Dan pada bulan Juli tahun 2012, Google diperkirakan memiliki 190 juta pengunjung unik dan Yahoo! menempati peringkat ketiga dengan 163 juta.

Yahoo-office 2

CEO Yahoo! Marissa Mayer sendiri memang sedang sibuk-sibuknya di Yahoo selama tahun ini dengan beberapa akuisisi, dan akuisisi yang terbesar adalah layanan blog Tumblr pada bulan Mei lalu. comScore sendiri telah mengkonfirmasi bahwa angka Yahoo! tidak termasuk lalu lintas dari Tumblr, yang menempati peringkat 28 dengan 38 juta pengunjung unik.

Sejak dia direkrut pada Juli tahun lalu dari Google, Mayer terus mendorong para pengembang dan desainer Yahoo! untuk melakukan perbaikan pada produk dan jasa yang dihasilkan raksasa teknologi yang berbasis di Sunnyvale, California itu.

Mayer pun mengubah tampilan home page, layanan surat elektronik dan cuaca dengan desain yang lebih menarik dan sejumlah perubahan lainnya. Yang dia lakukan adalah mempekerjakan dan mempertahankan tim yang hebat; membangun produk inspiratif yang akan menarik pengguna dan meningkatkan trafik; trafik tersebut akan meningkatkan minat pengiklan, dan akhirnya mendongkrak pendapatan. Baginya yang terutama adalah “Pekerja, kemudian produk, lalu trafik, dan selanjutnya pendapatan.”

(LDR-IC/IC/BL-VBN)