Semut Demo : Mengubah Advertising Menjadi Antvertising

(Business Lounge) Kreatifitas BBDO Dusseldorf untuk WWF pantas diacungi jempol, dimana semut-semut dijadikan pendemo dalam kampanye WWF. Video ini mendapatkan penghargaan Grand Prix for Good di Cannes. Sekitar lima hari dilakukan pengambilan gambar di Cologne Zoo, menampilkan ribuan semut mengangkat spanduk yang terbuat dari daun-daun yang sudah diukir tulisan-tulisan yang berisi pesan tentang perlindungan hutan tropis. Video ini menjadi kampanye yang tersebar dengan cepat dan menjadi headline beberapa media, dengan judul “The Ant Rally.

Screen Shot 2013-07-19 at 4.25.27 PM

WWF pada ulang tahunnya yang ke-50 melakukan kampanye untuk membangkitkan kesadaran perlindungan hutan tropis, bahwa hutan tropis telah mengalami kerusakan karena pembalakan secara massal namun tidak ada tindakan tegas untuk menghentikannya. The Ant Rally sebagai refleksi bahwa bukan saja manusia yang harus protes, tetapi alam dalam hal ini diwakili oleh para semut untuk demo menentang perusakan hutan.

the-ant-rally

BBDO secara kreatif berhasil menyampaikan pesan ini dalam video The Ant Rally, sebuah kesadaran untuk memelihara hutan dengan cara protes yang tidak perlu menciptakan benturan atau menuding secara keras pada otoritas yang bertanggung jawab atas hutan tropis. Keberhasilan lainnya adalah response yang sangat bagus dari masyarakat umum terhadap video ini dan menyebarkannya satu dengan yang lain demikian cepatnya.

grand-prix-for-good-hed-2013_0

Untuk pembuatan video kampanye ini, BBDO mengukir daun-daun yang secara alami sering dibawa oleh rombongan semut dengan pisau laser berisi pesan-pesan “Solidarity”, “Ban the saw”, “Save the forests”, dll. Daun ini diletakkan disekitar rombongan semut yang kemudian mengambilnya dan membawanya di sekitar hutan, lalu diambil film menjadi sebuah demo yang dilakukan oleh para semut di tengah hutan tropis. Sebuah film yang sangat unik, dengan pemain sekitar 500.000 semut yang berperan sebagai pendemo yang aktif memperjuangkan pelestarian hutan tropis, kampanye ini berhasil mengangkat WWF sebagai pejuang pelestarian hutan tropis.

Demo para semut ini kemudian menarik perhatian banyak orang, menyebar di sosial media, TV, surat kabar, dan tentunya pesan untuk melindungi hutan berhasil sampai kepada masyarakat umum dan pihak-pihak yang berkaitan dengan pelestarian hutan.

(KN/KN/BL)