Mind the Marketing Gap (Perhatikan Kesenjangan Pasar)

(Business Lounge – Sales) Setiap bisnis Anda harus tetap diperbaharui untuk selalu menjadi kompetitif. Ini mungkin berarti secara teratur memperbaharui produk atau jasa, membawanya ke pasar yang baru atau bahkan menawarkan produk  yang sama sekali baru. Penting sekali untuk Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk melakukan inovasi.

Inovasi adalah jantung dari setiap ide bisnis yang feasible, tapi “inovasi baru” dapat juga menjadi kurang menarik  dalam pasar yang kompetitif. Para pesaing tidak akan buang-buang waktu untuk mengikuti apa yang kita tawarkan, dan harapan pelanggan akan terus  meningkat sesuai. Jika Anda tidak mengikuti pasar, orang lain akan melakukannya.

“Selalu ada risiko pelanggan Anda akan menjauh dari Anda,” kata John Fitzgerald, kepala eksekutif organisasi pengusaha-dukungan BRAVE. “Anda bisa memiliki produk atau jasa yang sangat baik, tetapi pelanggan Anda mungkin telah menjadi lebih menuntut atau memang ada pesaing baru di pasar. Perusahaan yang baik terus mengawasi apa yang berubah di lingkungan mereka.

Dengarkan pelanggan Anda

“Setiap usaha kecil perlu untuk mencari tren pelanggan,” tegas Fitzgerald. “Apa yang mereka pikirkan? Apakah harapan mereka berubah Jika klien Anda sudah demikian jauh, ada resiko ketika anda bangun, anda menemukan mereka semua sudah jauh”.

“Tapi jika Anda mendengarkan pelanggan Anda, Anda mengetahui apakah mereka mungkin berpikir untuk meninggalkan dan memberikan diri Anda waktu untuk melakukan sesuatu tentang hal itu,” ia melanjutkan. “Jangan biarkan hari-hari berlalu tanpa anda menyisihkan waktu untuk berbicara dengan pelanggan Anda, dan bukan hanya pada pelanggan yang paling.”

Perhatikan pesaing Anda

Mengetahui kekuatan pesaing Anda akan membantu Anda mengidentifikasi kesenjangan dalam penawaran Anda. Mengetahui kelemahan mereka akan membantu Anda mengidentifikasi kesenjangan dalam mereka, dan dapat menyoroti kebutuhan di pasar yang saat ini tidak terpenuhi. Mystery shopping adalah salah satu cara untuk mencari tahu tentang kompetisi. Tapi pelanggan Anda akan menjadi sumber informasi yang paling berharga.

“Tanyakan kepada mereka ‘Apa yang membuat Anda tetap memilih pesaing ini?’,” Saran Fitzgerald. “Apakah ada kesempatan bagi Anda? Misalnya, jika Anda menawarkan standar pelayanan yang lebih tinggi, mungkin itu memberi Anda titik jual yang baru. Carilah kelemahan dalam pesaing Anda dan gunakan informasi tersebut untuk memenangkan klien baru dan menjaga pelanggan yang sudah ada.”

Ketaatan dengan regulasi

Regulasi baru bisa mengarahkan bisnis ke arah yang baru dan bahkan dapat membuka pasar yang baru,

Anda juga dapat belajar dari cara sektor lain melakukan bisnisnya  dan, jika sesuai, membawa pendekatan mereka ke dalam perusahaan Anda sendiri. “Bank belajar banyak tentang pelayanan pelanggan dan penjualan melalui benchmarking terhadap supermarket,” Fitzgerald katakan.

“Yang paling penting adalah Anda harus miliki waktu,” ia menyimpulkan. “Semakin awal Anda menemui masalah, semakin mudah untuk beradaptasi sebelum orang lain.”

(IC/IC/BL)