Drama TNT Mendobrak Pasar Eropa Melalui Viral Video

(Business Lounge – Marketing) TNT sebuah jaringan TV kabel dari Amerika Serikat membuat promosi di Belgia dengan judul “A dramatic surprise on quiet square” berhasil melakukan terobosan secara gerilya melalui viral di pasaran Eropa, bahkan menjadi viral video komersial nomor dua yang paling di-share pada jaringan sosial media.

Screen Shot 2013-07-13 at 7.35.10 PM

TNT (Turner Network Television) adalah perusahaan TV yang dimiliki oleh Time Warner, menyajikan program-program acara hiburan dengan focus pada kualitas dan variasi acara yang dikemas berdasarkan ciri khas budaya setiap wilayah. Untuk wilayah Eropa, TNT punya layanan versi lokal untuk Jerman, Spanyol, Swedia. Pada penetrasi pasar di Belgia TNT mengangkat tema drama yang berkualitas tinggi pada April 2012 dan pada Januari 2013 juga membuatnya di Nederland. Untuk itu tagline yang diangkat adalah “We know drama”.

Screen Shot 2013-07-13 at 6.36.54 PM

Duval Guillaume Modem meluncurkan TNT ini di Belgia dengan kampanye melalui media yang bisa disaksikan di internet maupun peliputan media lainnya, sebagai produksi gebrakannya diberi judul “A dramatic surprise on quiet square” yang inti pesannya tinggal pencet tombol saja maka anda akan menyaksikan sebuah drama yang berkualitas.

Screen Shot 2013-07-13 at 6.38.58 PM

Hasil dari kampanye promosi Duval Guillaume Modem ini menghasilkan 10 juta pemirsa di You Tube dan 1 juta shares di Facebook hanya dalam kurun waktu 24 jam, dan dari April hingga tulisan ini dibuat sudah lebih dari 46 juta pemirsa di You Tube.

Screen Shot 2013-07-13 at 6.40.01 PM

Unrully sebuah perusahaan research mengenai video mencatatkan viral video TNT ini sebagai urutan kedua video promosi yang terbanyak di share di jaringan sosial media di bawah “The Force” viral video dari VW. Namun menurut Unrully bahwa 1 dari 7 pemirsa TNT melakukan share, sedang “The Force” 1 dari 12 pemirsa melakukan share.

Screen Shot 2013-07-13 at 6.37.54 PM

Keberhasilan lain dari viral video TNT ini juga menjadi bahasan dari berbagai media, baik TV, radio, koran cetak, majalah seperti ABC news, The Sun, Deutsche Welle, Financial Times, Forbes, The Morning Show dan Time Magazine.

Screen Shot 2013-07-13 at 6.38.22 PM

Iklan ini juga banyak mendapatkan penghargaan, 9 penghargaan diperoleh pada Lions International Festival of Creativity di Cannes, 1 penghargaan Epica’d Or di International Advertising Awards, 1 penghargaan di IAB Mixx Awards, dan 8 penghargaan di European Festival of Creativity Eurobest di Lisbon.

(KN/KN/BL)