Mengapa Setengah Dari Penumpang Asiana Adalah Warga Negara Cina?

(Business Lounge – Business Today) – Seoul telah menjadi pintu gerbang transit yang penting bagi banyak wisatawan Cina yang menghubungkan mereka ke kota-kota di AS dan Kanada. Alasannya? Penumpang terpikat oleh harga yang lebih murah dan juga sedikitnya penerbangan nonstop transpasifik dari Cina.

Ini membantu menjelaskan mengapa hampir setengah, atau 141, dari 291 penumpang kapal  Maskapai penerbangan Asiana dari Seoul yang jatuh di San Francisco ini adalah warga negara Cina. Kedua penumpang tewas pada Sabtu lalu adalah warga negara Cina berjenis kelamin perempuan, menurut Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

asiana 3

Selama beberapa dekade, ibukota Korea Selatan telah memainkan peran kunci untuk perjalanan penumpang antara Asia dan Amerika Utara.  Korean Air Lines Co,  sebagai maskapai terbesar, selama bertahun-tahun memiliki penerbangan ke kota-kota lainnya di Amerika Utara dibandingkan maskapai Asia lainnya, dan itu tetap terjadi sampai sekarang.

Tapi persaingan untuk menarik penumpang semakin meningkat , searah dengan semakin banyaknya maskapai  yang memperluas penerbangan mereka  ke seluruh Pasifik. Meskipun terjadi lonjakan permintaan yang cukup tinggi untuk penerbangan dari Cina ke Amerika Utara,  pihak penerbangan milik negara terlalu lambat untuk menambah kapasitas, sehingga tiket dijual dengan harga mahal. Selain itu penerbangan AS-China juga dibatasi oleh perjanjian bilateral  yang menyebabkan maskapai penerbangan  kurang fleksibel dalam  meningkatkan pelayanan mereka.

asiana crash

Penerbangan nonstop Transpacific dari Cina terutama berasal dari Beijing atau Shanghai. Ada juga layanan terbatas dari kota selatan Guangzhou. Ini berarti penumpang lain harus melakukan perjalanan melalui salah satu dari kota-kota tersebut  untuk bisa sampai ke Amerika Utara.

Airlines di Korea Selatan dan Jepang secara signifikan meningkatkan layanan mereka di China dalam beberapa tahun terakhir ini , sebagian untuk memenuhi permintaan lalu lintas penumpang yang transit. Korean Air sekarang terbang ke 22  kota di Cina  dari Seoul, sementara Asiana beroperasi untuk 21 kota di China, keduanya menjadi dua maskapai penerbangan asing terbesar yang beroperasi di negara itu. Sementara itu Japan Airlines terbang ke 15 kota di Cina daratan.

(IC/IC/BL-WSJ)