Psikologi Warna Untuk Logo dan Branding

(Business Lounge – Marketing) Bukan hal yang rahasia lagi bahwa warna memiliki pengaruh psikologis oleh sebab itu pemilihan warna menjadi sangat penting untuk branding dan untuk mempengaruhi keberhasilan marketing. Mengapa hal itu terjadi, karena berdasarkan psikologi warna bahwa pilihan warna yang menjadi tema dari logo atau branding tersebut akan memberikan dorongan atau memicu para pelanggan pada karakter warna yang dipilihnya.

Itulah sebabnya beberapa warna kita kenal sudah sangat khas erat sekali dengan merek-merek tertentu. Sesuai dengan faktor psikologisnya, warna merah adalah warna yang menggugah selera makan, maka McDonald’s, Pizza Hut, KFC, Wendy’s, Popeye’s dan beberapa gerai makanan memberikan tema merah baik di logo-nya demikian juga gerainya.

colors_main

Sedang warna biru sangat digemari oleh kaum lelaki, demikian juga perusahaan-perusahaan sangat sering menggunakan warna biru untuk warna ofisial perusahaan karena sifat psikologisnya yang mendorong produktifitas dan bersifat tenang.

Tentukan pilihan warna yang anda sukai dan yang menguntungkan usaha anda, apakah anda suka ungu, pink atau merah, sebaiknya bedakan urusan kesukaan pribadi dengan warna yang akan anda pakai untuk perusahaan atau merek dagang anda.

Berikut berbagai pilihan warna serta sifat psikologis dari warna-warna yang telah disusun dalam infografis, silahkan anda pilih psikologi warna manakah yang bermanfaat bagi anda :

(click table infografis untuk mendapatkan gambar yang lebih besar)
psychology-of-color

(KN/KN/BL)