IBM Ciptakan Iklan Yang Bermanfaat, Supaya Dikenang Selalu

IBM membuat ide iklan yang berguna bagi masyarakat, dimana IBM memikirkan hal-hal kecil yang tidak terpikirkan oleh banyak orang atau mungkin pemerintah yang bertanggung-jawab pada kekurangan fasilitas publik.

Screen Shot 2013-06-05 at 3.38.59 PM

IBM membuat media iklannya berguna untuk berteduh ketika hujan lebat tiba-tiba mengguyur, atau tempat sekedar duduk mengencangkan tali sepatu atau sekedar melepas kepenatan kaki, juga membuat kenyamanan para pejalan kaki yang membawa koper untuk bisa mendorong koper-nya melalui anak tangga.

1683133-slide-slide-3-ibms-functional-ads-help-make-cities-smarter

Sebuah iklan yang berguna dan membantu masyarakat pada saat dibutuhkan akan membuat kedekatan merek tersebut secara psikologis dan memori yang kuat bagi masyarakat. Sebenarnya beberapa merek sudah mulai memikirkan bagaimana membuat iklan yang berguna bagi masyarakat tetapi lebih banyak masih bersifat digital di dunia maya, namun IBM membuat iklannya berguna bagi masyarat di area publik masyarakat yang sedang melakukan aktifitasnya sehari-hari.

Screen Shot 2013-06-05 at 3.40.37 PM

Proyek ini diberi nama “People for Smarter Cities Project” bekerjasama dengan Ogilvy & Mather France, dimana tujuan dari kampanye ini juga untuk memicu masyarakat dan juga pimpinan pemerintah setempat untuk berpikir mengenai hal-hal yang bisa memberi kenyamanan, perhatian, perlindungan dan manfaat yang lebih baik bagi masyarakat dalam hubungannya dengan fasilitas publik.

Beberapa pengamat merek berpendapat bahwa semakin dirasakan manfaat sebuah merek maka semakin dicintai oleh masyarat sehingga merek ini memiliki ikatan psikologi, sebagaimana layaknya pecinta Manchester United, Ferrari F1 Team, mereka akan ikut merasa sedih bila teamnya gagal sebagai juara. Ikatan psikologis seperti ini perlu diciptakan oleh merek agar selalu di hati masyarakat, dengan demikian cara IBM untuk membuat Smarter Cities adalah cara yang cukup jitu agar selalu dikenang oleh masyarakat.

(KN/KN/BL)