Mengupas Strategy Apple Menghindar Pajak

Apple Tax Strategy

(Untuk lebih jelas, silahkan Click gambar di atas)

Berikut adalah cara kerjanya:

Apple Operations International (AOI) terdaftar di Cork, Irlandia, namun tidak ada kehadiran fisik kantor Apple. Memang secara legalitas, perusahaan telah berdiri sejak 30 tahun yang lalu namun kehadiran fisik tidak pernah ada, bakan tidak memiliki satupun karyawan. Dari tiga orang di dewan direksinya yang terdaftar, semua karyawan Apple, dua tinggal di California. Asetnya dikelola oleh sebuah perusahaan Nevada, dan disimpan dalam rekening bank di New York.

Celah pajak : Karena tidak dikelola dan dikendalikan di Irlandia, maka tidak perlu membayar pajak di Irlandia, bahkan pada tingkat pajak penghasilan badan yang rendah sekalipun. Dan karena tidak terdaftar di Amerika Serikat, maka dalam pembukuan tidak ada kewajiban pajak di Amerika.

Ini ibarat seorang yang menetap di Amerika dan mencari nafkah dari investasi di Irlandia dan dengan demikian mampu menghindari membayar pajak kepada pemerintah AS.

Dari tahun 2009 sampai 2012, afiliasi perusahaan di Irlandia menerima $ 29.900.000.000 pendapatan dividen. Hasilnya, berdasarkan laporan investigasi tersebut: “Menurut Apple, laba bersih AOI terdiri 30% dari total laba bersih Apple di seluruh dunia dari 2009-2011, namun Apple juga menyampaikan bahwa AOI tidak membayar pajak penghasilan badan untuk pemerintah manapun selama periode tersebut. “

Strategi Apple yang mencatatkan pendapatan dari property intelektualnya juga di perusahaan afiliasi di Irlandia yang tarif pajak-nya rendah. Gambarannya adalah sbb : Seandainya ada orang yang tinggal di Jerman dan membeli iPhone, maka orang tersebut membeli sebuah fisik produk yang dirakit di Cina dan spare part lainnya yang datang dari berbagai penjuru dunia. Berarti orang tersebut  membeli juga property intelektual Apple – yang sebenarnya merupakan benefit dari tenaga kerja ribuan desainer dan programmer serta tenaga pemasar yang berada di California. Namun pendapatan dari property intelektualnya dicatat di perusahaan afiliasi di Irlandia, bukan di Amerika Serikat.

Bila profit dari pembeli di AS, dikenakan pajak 35%, namun untuk pembayaran property intelektual dikenakan pajak jauh lebih rendah untuk perusahaan afiliasi di Irlandia

(KN/KN/BL)