Pemerintah akan Menaikkan 16 Tarif Tol di Indonesia

(Business Lounge – Business Today), Pemerintah berencana akan menaikkan 16 ruas tol dari hingga akhir tahun 2013 ini. Kenaikkan ruas tol ii akan dilakukan bertahap, pertama di bulan Oktober ada sekitar 14 ruas tol yang akan dinaikkan dan sisanya yaitu 2 ruas tol diakhir tahun.

Besaran kenaikkan tarif tol diperkirakan sekitar 7%-11%. Beberapa ruas tol itu adalah ruas tol yang berada di luar Pulau Jawa. Dan sesuai dengan peraturan dari Menteri Pekerjaan Umum, ruas-ruas tol yang mengajukan penyesuaian tarif tersebut belum tentu disetujui. Pemerintah akan melakukan semacam peninjauan dan pengujian terkait standar pelayanan minimum dari ruas-ruas tol tersebut.

Dari 16 tol yang akan dinaikkan, sebanyak 11 tol milik PT Jasa Marga, yaitu tol Jagorawi, Tol Dalam Kota, JORR, Padalarang-Cileunyi, Cipularang, Surabaya-Gempol, Semarang seksi A, B, dan C, Jakarta-Tangerang, Kanci-Palimanan, Pondok Ranji-Ulujami, dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa.

Pihak PT Jasa Marga pun memang sudah merencanakan bahwa tahun ini akan menaikan tarif tol. Langkah tersebut dilakukan karena berdasarkan UU tiap dua tahun sekali tarif tol naik sesuai besaran inflasi.Dengan adanya kenaikan tarif ruas tol tersebut, maka pihak Jasa Marga memproyeksikan pendapatan Jasa Marga tahun ini sekitar Rp 6 triliun. Apalagi rencananya akan ada 4 ruas tol baru yang akan dioperasikannya tahun ini.

Untuk diketahui ada beberapa parameter penghitungan penyesuaian tarif tol. Selain inflasi, yang menjadi tolak ukur penentuan besaran tarif tol ialah kemampuan bayar para pengguna jalan, besar keuntungan biaya operasi kendaraan dan kelayakan investasi.

(rs/IK/bl-dtc)