Bakrie Tosanjaya Investasi Rp 300 Miliar

(Business Lounge – Business Today), Meningkatnya permintaan akan komponen otomotif di pasar domestik Indonesia membuat PT Bakrie Tosanjaya, salah satu perusahaan Bakrie yang bergerak di bisnis komponen otomotif menginvestasikan Rp 300 miliar untuk meningkatkan lebih dari 50 persen kapasitas produksinya.

Anak perusahaan PT Bakrie & Brothers Tbk ini memiliki tiga buah pabrik yang berlokasi di Bekasi, Cakung, dan Balaraja, dengan memproduksi komponen antara lain rem cakram, “brake drum”, “yoke”, “pressure plate”, “ring gear”, dan “end tie rod”.

Bekas pabrik PT Korindo, di Balaraja yang akuisisi oleh PT Bakrie Tosanjaya tahun lalu, dibangun pabrik ‘foundry’ baru dengan kapasitas 200 cetakan/bulan dengan produktivitas hingga 2.000 ton/bulan. Pembangunan akan pabrik ini memakan biaya hampir mencapai sekitar Rp 200 miliar.

Untuk pabrik yang di Bekasi maka PT Bakrie Tosanjaya memberikan investasi sebanyak Rp 100 miliar untuk meningkatkan akan kapasitas produksi dari pabrik yang sudah ada sebelumnya sebesar 500 ton/bulan dari sebelumnya sebesar 4.000 ton/bulan.

“Sebagian besar produksi komponen ‘casting’ (berbasis logam) kami untuk kendaraan komersial, terutama truk berat yang dipasok ke OEM (original equipment for manufacture). Dan selama ini pihak Bakrie Tosanjaya menguasai sekitar 80 persen pasar komponen truk untuk OEM di Indonesia,” klaim Wikarta.

PT Bakrie Tosanjaya optimistis bahwa permintaan akan komponen otomotif ini akan terus meningkat seiring dengan lokalisasi komponen kendaraan yang diproduksi di Indonesia. Karena itu Barie Tosanjaya menargetkan tahun 2013 penjualan bisa menembus angka Rp789 miliar dengan produksi sebesar 41.464 ton.

(rs/IK/BL)