Amortisasi

(Business Today – Finance), Penyusutan terhadap Aktiva Tidak Berwujud (ATB) yang dialokasikan secara sistematis dan rasional selama masa manfaatnya. Masa manfaat ATB dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang semuanya harus diperhitungkan dalam penetapan periode amortisasi. Masa manfaat tersebut dapat dibatasi oleh ketentuan hukum, peraturan, atau kontrak.

Untuk menerapkan amortisasi, sebuah entitas harus menilai apakah masa manfaat suatu aset tidak berwujud adalah terbatas atau tak terbatas dan, jika terbatas, jangka waktu atau jumlah produksi atau jumlah unit serupa yang dihasilkan, selama masa manfaat. Suatu aset tidak berwujud diakui entitas memiliki masa manfaat tak terbatas jika, berdasarkan analisis dari seluruh faktor relevan, tidak ada batas yang terlihat pada saat ini atas periode yang mana aset diharapkan menghasilkan arus kas neto bagi entitas.

Metode Amortisasi
Amortisasi dapat dilakukan dengan berbagai metode :
1.metode garis lurus
2.metode saldo menurun
3.metode unit produksi.
Metode yang digunakan dipilih berdasarkan pola konsumsi manfaat ekonomi masa depan yang diharapkan dan diterapkan secara konsisten dari periode ke periode lainnya, kecuali terdapat perubahan dalam perkiraan pola konsumsi tersebut.

Apa yang menjadi dasar amortisasi?

Pengeluaran untuk memperoleh harta tak beruwujud dan pengeluaran lainnya termasuk biaya perpanjangan hak guna bangunan, hak guna usaha, dan hak pakai yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun.

Bagaimana perlakuan nilai sisa buku suatu aktiva tak berwujud pada akhir masa manfaat yang diamortisasi dengan metode saldo menurun?
Nilai sisa buku suatu aktiva tak berwujud pada akhir masa manfaat yang diamotisasi dengan metode saldo menurun harus diamortisasikan sekaligus

Bagaimana perlakuan nilai sisa buku suatu harta tak berwujud atau hak-hak yang dialihkan?

Nilai sisa buku suatu harta tak berwujud atau hak-hak yang dialihkan dibebankan sebagai kerugian pada tahun terjadikan pengalihan tersebut. Ketentuan tersebut di atas tidak berlaku apabila harta tak berwujud atau hak-hak dialihkan untuk tujuan bantuan sumbangan, hibahan yang tidak ada hubungan dengan usaha, pekerjaan, kepemilikan, atau pengusahaan antara pihak-pihak yang bersangkutan

Bagaimana penentuan Kelompok Harta Tak Berwujud apabila masa manfaat harta tersebut tidak tercantum dalam kelompok masa manfaat ?
Penentuan Kelompok Harta Tak Berwujud yang masa manfaatnya tidak tercantum dalam kelompok masa manfaat yang adalah dengan mengelompokkan harta tersebut ke kelompok masa manfaat yang terdekat

Biaya-biaya yang dapat di amortisasi sebelum operasi komersial adalah biaya-biaya yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun misalnya studi kelayakan dan biaya produksi percobaan tetapi tidak termasuk biaya-biaya operasional yang sifatnya rutin, seperti gaji pegawai, biaya rekening listrik dan telepon, dan biaya kantor lainnya

Bagaimanakah penghitungan amortisasi atas pengeluaran untuk memperoleh hak dan pengeluaran lain yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun di bidang penambangan selain minyak dan gas bumi, hak pengusahaan hutan, dan hak pengusahaan sumber alam ?

Amortisasi atas pengeluaran untuk memperoleh hak dan pengeluaran lain yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun di bidang penambangan selain minyak dan gas bumi, hak pengusahaan hutan, dan hak pengusahaan sumber alam serta hasil alam lainnya dilakukan dengan menggunakan metode satuan produksi paling tinggi 20% (dua puluh persen) setahun.

Bagaimana cara amortisasi harta tak berwujud?
• Amortisasi atas pengeluaran harta tak berwujud dan pengeluaran lainnya termasuk biaya perpanjangan hak guna bangunan, hak guna usaha, dan hak pakai yang dipergunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan, dilakukan dengan metode garis lurus (straight-line method) dan atau metode saldo menurun (declining balance method) secara taat azas.

(Marghi Retha/IK/BL)