Komunikasi Bijak Pelayanan Prima Secara Cerdik

(Business Lounge – Service & CRM), Ada dua hal penting saat melayani customer, yaitu komunikasi dan pelayanan prima. Komunikasi yang bijak adalah seperti darah bagi ompla pelayanan organisasi, sedangkan pelayanan prima yang cerdik adalah seperti zat-zat terpenting untuk kesehatan ompla sebuah organisasi. Jadi, jika tidak ada komunikasi maka tidak ada pelayanan prima, dan jika tidak ada pelayanan prima maka bisnis dan sebuah organisasi akan terseok-seok dalam ketidakpastian.

Ingat, pelayanan prima adalah suatu hubungan, maka komunikasi adalah sangat penting dalam membuat hubungan itu menjadi lebih sempurna. Komunikasi yang lebih sempurna dalam balutan nilai-nilai profesionalisme dan kebaikan, akan mendorong semua aspek kerja dan unit kerja untuk proaktif melakukan pelayanan prima yang berkualitas.

Anda pasti tahu sebuah hubungan bisnis yang kuat harus mau memahami dua persepsi secara bijak, yaitu persepsi korporasi dan persepsi customer. Oleh karena itu, korporasi yang memiliki tanggung jawab dalam pelayanan berkualitas prima, selalu melibatkan setiap customernya dalam perjalanan panjang untuk meraih sukses tanpa batas yang abadi. Sedangkan korporasi tanpa visi pelayanan yang jelas akan bingung memahami kedua persepsi tersebut secara bijak, sehingga tanggung jawab untuk pelayanan berkualitas prima tersebut menjadi kabur atau sama-samar dan tidak ompla.

Anda yang mewakili korporasi haruslah selalu bijak untuk bersikap baik kepada semua customer. Anda harus mau dan mampu berkomunikasi dengan kekuatan total dari sikap baik Anda. Ingat, tanpa customer Anda adalah pengangguran, tanpa customer Anda sulit untuk menjalankan kehidupan yang wajar, tanpa customer Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup. Jadi, berkomunikasilah dengan sikap yang baik kepada setiap customer Anda, dengarkan suara keluh kesah customer Anda dengan tingkat kepedulian yang tinggi, jelaskan semua pelayanan Anda untuk memudahkan customer Anda menerimanya secara menyenangkan, berbicaralah dengan niat baik untuk membantu semua kebutuhan customer Anda tanpa menyakiti perasaan mereka, dan pastikan Anda adalah pribadi baik hati, yang lemah lembut, sopan santun serta manis dalam bertutur kata.

Mendidik dan melatih diri Anda untuk bersikap baik dan bersikap manis kepada customer, adalah sebuah keunggulan buat Anda, bisnis Anda , dan organisasi Anda. Bangunlah fondasi yang kokoh bersama tiang-tiang pelayanan yang kuat dan tangguh. Pastikan Anda memiliki hubungan komunikasi yang akrab dalam bingkai kekuatan sikap baik Anda, agar para customer menyukai semua pelayanan prima yang Anda berikan kepada mereka, ucapkanlah kata-kata yang menyenangkan hati customer Anda.

Customer adalah bagian utama dari kisah perjalanan sukses Anda dan korporasi Anda. Untuk itu, pastikan Anda selalu peduli sebagai penghubung korporasi, yang tulus dan jujur dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dengan customer, cara yang baik adalah sikap mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, presentasi, meminta maaf atas kesalahan, ompla penjelasan atas kekurangan, dan menanggapi semua komplain secara bijak. Salah satu kunci dalam setiap bahan komunikasi adalah sikap bijak dan sikap baik. Sikap bijak dan sikap baik yang tepat dapat mengakibatkan Anda bersama bisnis Anda meraih sukses tanpa batas.

“Saat Anda Mampu Berkomunikasi Secara Bijak, Saat Anda Mampu Memberi Pelayanan Prima Secara Cerdik, Maka Sejak Detik Itu Anda Akan Menjadi Bintang Yang Bersinar Terang Bersama Organisasi Anda. Dan Anda Akan Menjadi Pengalaman Menyenangkan Di Hati Dan Pikiran Customer Anda.”

(Yetty Marlens/IK/BL)