(Business Lounge – Finance) – Ketika anda melihat hutang-hutang mulai menumpuk maka pasti harus segera melunasi hutang-hutang anda yang menumpuk dan mengurangi pengeluaran bulanan anda. Pemotongan pengeluaran biasanya sangat tidak enak,seperti harus mulai menghemat penggunaan bensin dan listrik. Namun jika anda telah melakukan metode-metode yang sederhana tersebut, dan masih memerlukan penghematan pengeluaran, berikut ini adalah beberapa daftar yang dapat membantu anda.

1.Bersepeda ke tempat kerja
Biaya transport ke tempat kerja termasuk salah satu post yang dapat anda pangkas. Kita mungkin merasa bahwa biaya transport termasuk bagian yang tidak terpisahkan dari pengeluaran kita. Namun, jika jarak tempat kerja anda kurang dari 10km, mengapa anda tidak mencoba menggunakan sepeda.

Keuntungannya badan menjadi sehat dan anda bisa menghemat pengeluaran.

2. Berhenti minum minuman beralkohol / kopi
Dengan anda berhenti minum minuman beralkohol / kopi baik untuk kesehatan mental dan fisik anda, dan juga baik untuk keuangan anda.

Jika anda tidak dapat berhenti, setidaknya kurangilah. Suatu saat anda akan terkejut dengan perkembangan baik kesehatan fisik, mental maupun keuangan anda.

3. Memasak sendiri
Membeli masakan di luar cara yang paling cepat untuk mendapatkan makanan. Tetapi, biaya yang dikeluarkan juga dapat dengan cepat membengkak. Memasak sendiri akan jauh lebih bersih dan sehat dibandingkan anda membeli masakan di luar.

4. Tutup kartu kredit anda.
Kartu kredit memang membuat pengeluaran menjadi lebih mudah. Yah untuk itulah kartu kredit ada. Dengan kartu kredit, anda tidak akan berpikir tidak memiliki uang selama 1 bulan ke depan. Tapi akan membuat hutang anda bertumpuk, jadi segera bayar hutang anda dan tutup kartu kredit anda.

5.Buat skala prioritas dalam pengaturan keuangan sehingga akan menjadi lebih mudah. Karena anda sendiri yang buat rencana keuangan anda sendiri, maka anda HARUS untuk menepati dan menjalankan isinya dengan bijak.
Dan anda harus sadar dan sabar, sadar kondisi keuangan anda, dan sabar untuk menunda kesenangan.

6.Bawa botol minuman
Pernahkah anda menghitung jumlah uang yang kita gunakan di warung kopi? Lain hal kalau tempat-tempat tersebut sebagai bagian dari rutinitas kerja, atau sosial anda. Akan menghemat banyak bila kita membawa sebotol teh atau kopi dari rumah.

7.Beli barang-barang bekas
Belilah barang-barang yang bisa ditawar yang ada di toko-toko semacam koperasi dan di website-website barang lelang. Hampir semua barang yang anda butuhkan bisa dibeli di toko-toko barang bekas.

8.Pastikan anda selalu membawa daftar belanjaan ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari.

9.Jangan membeli barang hanya karena bertuliskan ‘diskon’, padahal anda sendiri tidak tahu kapan harus menggunakannya atau bahkan barang tersebut memang sama sekali tidak anda butuhkan.

10.Jangan berbelanja dalam keadaan lapar. Memang terdengar sepele, namun kebanyakan orang akan lebih konsumtif ketika berbelanja dengan keadaan perut kosong.

Semoga tips ini bermanfaat bagi anda, dan selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.