Peran Public Relations Dalam Pemasaran

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Public Relations merupakan faktor yang penting di dalam menunjang pemasaran. Peran Public Relations memang berlaku untuk menghubungkan antara perusahaan dengan pihak yang akan mengadakan deal atau kerjasama dengan perusahaan tersebut.

Pemasaran tidak selalu berhubungan dengan jual beli barang, tetapi juga bagaimana kita sanggup mengadakan kerjasama atau deal dengan perusahaan lain, serta bagaimana kita sanggup untuk membuat kesepakatan yang saling menguntungkan antara satu pihak dengan lainnya.

Beberapa tugas Public Relations memang ada kaitannya dengan pemasaran, seperti berikut :

Bertindak sebagai penghubung antara perusahaan dengan pihak lain untuk mengadakan jual beli, kesepakatan, dan juga kerjasama yang saling menguntungkan

Public Relations bertindak sebagai pihak yang menghubungkan perusahaan dengan pihak lain seperti pihak pembeli produk, penyalur, bahkan media. Dikatakan bahwa Public Relations merupakan penghubung bagi pemasaran, hal tersebut karena Public Relations juga berfungsi sebagai negosiator dari pihak perusahaan untuk mencapai kesepakatan dalam pemasaran, baik dalam bentuk kerjasama, liputan, dan kesepakatan jual beli yang saling menguntungkan.

Meneliti, menulis, dan mengirimkan press release kepada media

Terkadang perusahaan membutuhkan media untuk mempromosikan produk mereka. Dalam hal ini, tugas dari Public Relations adalah menjalin hubungan yang baik dengan media yang berkepentingan. Public Relations harus sanggup meyakinkan media bahwa produk atau jasa yang mereka hasilkan memang layak untuk diberitakan kepada publik.

Dengan publikasi tersebut, maka hal tersebut akan meningkatkan pemasaran perusahaan, karena publikasi sangat membantu dalam mendatangkan respon positif terhadap produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan. Selain itu, hal tersebut akan lebih membuka peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa mereka serta menjalin kerjasama yang baik dengan pihak lain yang saling menguntungkan.

Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pihak media, wartawan, maupun pihak yang akan mengadakan kerjasama dengan perusahaan

Tugas Public Relations adalah untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan mengenai produk atau jasa serta performance yang dihasilkan perusahaan. Kualitas dari seorang Public Relations yang baik diperlihatkan dari kepandaiannya menjawab semua pertanyaan. Bahkan, apabila perusahaan sedang berada di dalam masalah sekalipun, tugas seorang Public Relations adalah harus bisa meminimalisir atau bahkan menutup segala masalah dan kekurangan yang ada dengan kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Pada intinya, seorang Public Relations memang berfungsi untuk menjadi penyambung lidah yang baik sehingga melalui dirinya, banyak pihak menjadi tertarik untuk mengadakan kerjasama atau membeli produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Misalnya jika perusahaan meluncurkan produk baru, biasanya Public Relations juga harus bertindak untuk menghubungi pihak-pihak yang dianggap dapat bekerjasama untuk mensukseskan produk baru tersebut.

Mempersiapkan kebutuhan promosi perusahaan, seperti mempersiapkan brosur dan bentuk promosi perusahaan lainnya

Fungsi promosi yang merupakan bagian dari pemasaran merupakan salah satu tanggung jawab dari seorang Public Relations. Seorang Public Relations harus memiliki keahlian untuk memikirkan desain yang menarik untuk brosur periklanan dan juga memberikan ide yang baik untuk membantu pemasaran produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Seorang Public Relations haruslah orang yang kreatif dan bukan hanya menunggu perintah saja, melainkan juga memiliki ide-ide untuk membuat perusahaan tempatnya bekerja dikenal oleh pihak lain. Dengan perusahaan tersebut dikenal oleh pihak lain, maka hal tersebut akan mempermudah proses pemasaran dalam perusahaan serta membuat pihak lain tidak merasa ragu untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan tersebut.

 

(Fanya Jodie/AA/TML)