20 Kontainer Bawang Putih Dilelang ke Pasaran

(The Manager’s Lounge – Business Today), Harga bawang putih mengalami lonjakan harga yang tinggi dalam beberapa hari terakhir ini. Lonjakan harga tersebut disebabkan karena tertahannya bawang putih impor di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Pemerintah berupaya keras supaya harga bawang putih dipasaran turn menjadi sekitar Rp 15.000 per kilogram. Untuk itu rencananya Pemerintah akan melelang 20 kontainer bawang putih impor namun tidak disertai dengan dokumen yang lengkap sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bachrul Chairi, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, menyatakan bahwa 20 kontainer yang akan dilelang itu terindikasi menggunakan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) yang lama sehingga dapat dipastikan tidak sesuai dengan peraturan ketentuan importasi yang berlaku.

Harga bawang putih menurut hasil pantauan pada akhir Januari 2013 masih ada pada harga Rp 19.306 per kilogramnya, namun memasuki bulan Februari dan sampai Maret ini harga bawang putih mencapai Rp 60.000 per kilogram.

Karena itu Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian telah melepas sebanyak 332 kontainer berisi bawang putih yang mendapatkan RIPH dan SPI keada pengimpor nya untuk dilepas dipasaran guna menekan harga bawang putih yang sudah melonjak tinggi.

(rs/IK/tml-ant)