Penjualan Toyota VS Suzuki Ertiga.

(The Manager’s Lounge – Business Today), Dunia otomotif terus berkembang dan semakin banyak terlihat persaingan yang cukup kompetitif antara satu dengan yang lainnya. Bisa di lihat dari segi penjualan yang terjadi disetiap produknya.

Seperti yang terjadi di bulan Februari lalu,maka antara Toyota dan Suzuki Ertiga pun terjadi persaingan didalam penjualan produknya. Penjualan pada Suzuki Ertiga dalam segmen MPV kecil telah mencapai 6.784 unit mobil lebih tinggi dibandingkan dengan Daihatsu Xenia sebanyak 6.283 unit mobil.

Pernyataan ini diucapkan oleh Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) di jakarta. “Bukan khawatir, namun tetap berwaspada dan tetap melihat akan permintaan yang terjadi didalam masyarakat.” Hal ini dikarena Suzuki Ertiga bulan lalu lebih laris dibandingkan dengan Daihatsu Xenia.

Bukan hal yang mengherankan apabila penjualan Suzuki mengalahkan akan penjualan Daihatsu untuk segmen MPV kecil. Banyak factor yang menyebabkan menurunnya penjualan yang dimiliki Daihatsu, yaitu Daihatsu tidak memiliki jaringan yang merata diseluruh Indonesia untuk segmen MPV kecil. Sedangkan untuk Suzuki sendiri memiliki jaringan yang sudah merata di seluruh, sehingga Suzuki dapat dengan cepat melakukan penetrasi pasar untuk model baru untuk lebih cepat tersebar.

Toyota untuk kelas MPV kecil melalui Avanza kurang mewaspadai akan persaingan yang semakin ketat di segmen ini. “Model baru memnag selalu menarik bagi konsumen, namun biasanya hal itu hanya berlangsung selama 6-12 bulan, maka kembali konsumen akan melihat adari daya tahan mesin dan kualitas dari mobil yang ada, untuk itu kami akan terus meningkatkan akan kualitas dari produk kami , memperkuat akan jaringan pemasaran yang ada untuk menghadapi akan persaingan yang semakin ketat ini,”jelas Djoko mengakhirinya.

(rs/IK/tml-ant)