Mempelajari Istilah Dalam Akuntansi

(The Manager’s Lounge – Finance) – Ketika anda belajar akan konsep akuntansi, itu akan menolong anda untuk menghubungkan antara apa yang anda ketahui dan apa yang sedang anda pelajari. Hal ini seperti belajar bahasa kedua dan menterjemahkan kata yang baru sebagai bagian dari proses belajar. Contohnya, ketika anda mencoba menterjemahkan bahasa Spanyol “necesario”, anda mungkin teringat arti kata dari “necessary”- dan mungkin anda benar. Bagaimana dengan “blanco”? Blanco adalah seperti “blank” dimana artinya seperti warna putih. Jadi, “blanco” adalah bahasa Spanyol untuk warna putih.

Cobalah untuk membuat hubungan yang logis tentang istilah akuntansi. Cobalah ambil satu kata- accounting- dan pikirkan itu. Benar, sistem akuntansi adalah dasar perhitungan yang ada dalam bisnis anda.

Kita bergerak ke transaksi. Transaksi adalah aktivitas bisnis, atau kegiatan bisnis yang dilakukan tiap-tiap hari dan menjadi biaya dan penghasilan anda. Coba pikirkan kata- transaction. “Actions” adalah aktivitas bisnis, dan “trans” artinya adalah menyebrang atau melalui. Ini juga adalah dasar dari terciptanya system akuntansi itu sendiri. Transaksi dalam akuntansi seperti bahan baku dalam suatu pabrik, bensin untuk kendaraan anda, transaksi adalah nyata dan bagaimana system akuntansi anda menanganinya sangat mempengaruhi bisnis anda.

Anda harus mencatat transaksi anda untuk mengetahui seberapa banyak uang yang dihasilkan bisnis anda dan berapa banyak uang yang telah dikeluarkan. Semakin jelas bukan? Tanyalah kepada akuntan anda transaksi mana yang terlihat dengan jelas besarnya. Itu akan sangat mudah di tipu jika anda tidak mengerti transaksi tersebut dengan jelas dan jika anda tidak mencatatnya.

Contohnya, jika anda seorang tukang kayu, anda akan membayar tunai untuk paku jika akan membuat bangku yang terbuat dari kayu. Pembelian paku ini adalah transaksi dan akan diperhitungkan sebagai biaya dalam bisnis anda. Dalam workshop anda, anda dapat membuat kursi dengan menggunakan paku, car atau fernis. Pada hari berikutnya anda memberikan kursi itu pada nasabah anda. Anda akan memberikan nasabah itu nota penjualan dan mereka akan memberikan anda cek. Itu juga merupakan transaksi. Sangat mudah untuk melihat itu adalah transaksi ketika anda harus mengeluarkan atau menerima uang. Apakah anda dapat melihat transaksi yang lain?

Paku, cat, fernis ini adalah bagian dari transaksi. Bagaimana dengan bensin dan kendaraan yang digunakan untuk mengantarkan kursi itu? Apakah anda memakai semua paku yang ada atau ada yang tersisa? Mungkin ada ada sedikit cat yang tersisa, tapi tidak baru lagi. Kalau kita tidak memperhitungkan semua biaya ini, kita dapat kehilangan gambaran yang penting tentang berapa banyak uang yang kita hasilkan di akhir tahun.
Dalam semua aktivitas bisnis anda, lihatlah jenis dari transaksi itu, karena ketika anda dapat mengidentifikasikan transaksi yang terjadi dalam bisnis anda, anda dapat mengorganisasikannya dengan benar. Sekarang perhatikan daftar transaksi yang terjadi dalam bisnis anda setiap hari, setiap minggu dan setiap tahun. Memang dengan memperhatikan setiap transaksi ini sepertinya kita sangat pelit, tetapi ini penting sekali untuk kita concern dengan biaya dan jujur dengan diri kita sendiri. Suksesnya bisnis anda tergantung akan hal ini.

Beberapa transaksi dapat terjadi dengan nasabah dan supplier. Transaksi lain dapat terjadi juga didalam back office anda. Departemen pembukuan juga menciptakan transaksi ketika mereka meng-adjust buku di akhir tahun seperti depresiasi mesin.

Apakah itu depresiasi (penyusutan)? Misalnya anda membeli sebuah mobil baru, Isuzu Panther tahun 2007, dan anda mengeluarkan uang sejumlah 200 juta rupiah. Pada tahun depan, mungkin ada sesuatu bunyi pada pintu anda, warna yang agak pudar dari jok kursinya dan mobil itu telah melakukan perjalanan sejauh 20.000 km. Anda tahu bahwa mobil ini tidak berharga sejumlah 200 juta rupiah lagi. Ini artinya mobil anda telah turun nilainya atau sudah di-susutkan.

Ketika anda menyusutkan peralatan kantor, anda dapat mengakuinya sebagai biaya bisnis. Sekalipun anda tidak mengeluarkan uang secara tunai, tetapi depresiasi ini harus di cacat oleh pembukuan anda pada akhir tahun. Selain itu sisi lain dari depresiasi ini berarti peralatan kantor anda telah menjadi turun nilainya.

Supaya anda mendapatkan gambaran yang jelas bagaimana bisnis anda beroperasi, anda harus dengan tekun memperhatikan akan setiap biaya yang terjadi. Depresiasi juga merupakan biaya sekalipun tidak memerlukan transaksi tunai.

Belajar memperhatikan sifat transaksi yang ada memerlukan ketekunan dan concern yang tinggi. Transaksi ini mempengaruhi banyak area dari bisnis anda dan harus dianalisa secara detail setiap hari sehingga anda mendapatkan gambaran secara keseluruhan dari bisnis anda.