INKA Siap Menjual 50 Bus TransJakarta

(The Manager’s Lounge – Business Today), PT Industri Kereta Api (INKA) kembali lagi mendulang akan kesuksesannya , setelah berhasil menjadi calon tunggal dalam pemasok kereta untuk KRL Commuter Line Bandar Udara Soekarno-Hatta setelah menyisihkan pesaing dari 2 produsen kereta asal Cina kini mengembangkan akan usaha bisnisnya menjadi penyedia 50 bus gandeng untuk Trans Jakarta.

Harga satu unit bus TransJakarta sekitar Rp 3 miliar, dengan menggunakan mesin yang khusus didatangkan dari Amerika Serikat dan Jerman. Namun untuk rancangan dan desainnya ditangani langsung oleh PT INKA dengan berkolaborasi bersama dengan industri lokal.

PT INKA mengikuti akan tender yang diadakan oleh Dinas Perhubungan dari Provinsi DKI Jakarta dalam pengadaan 50 unit bus gandeng untuk TransJakarta, dan terpilih menjadi pemasok tunggalnya. Dinas Perhubungan dari Provinsi DKI Jakarta sendiri memerlukan akan 150 unit bus gandeng untuk mendukung akan oprasional Trans Jakarta.

Pemda DKI memilih akan PT INKA sebagai pemasok karena proyek pengerjaan hampir sama dengan cara pembuatan kereta api. “Bus gandeng TransJakarta masih memiliki peluang besar, karena PT INKA mempunyai kemampuan dalam mengintegrasikannya,” jelas Direktur Utama PT INKA, R. Agus H. Purnomo, kepada media di Kantor Pusat PT INKA, Madiun, Jawa Timur

(rs/IK/md-dtc)