Kepemimpinan di Era Downturn

(Business Lounge – Leadership) – Kepemimpinan seperti apa yang dibutuhkan ketika organisasi/perusahaan sedang mengalami downturn? Tentunya pemimpin perlu menerapkan beberapa langkah yang penting demi mempertahankan laju perusahaan supaya tidak terseret lebih dalam mengikuti laju perekonomian.

Encouraging Change
Pada saat downturn, tentunya banyak kondisi yang berubah di perusahaan. Yang paling menonjol mungkin adalah dari melemahnya bottom line, akibat turunnya penjualan maupun melonjaknya biaya operasi akibat bahan baku yang semakin mahal. Salah satu perubahan yang memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan melakukan efisiensi operasi, misalnya dengan melaksanakan operational improvement, antara laini Lean Six Sigma, yang selain mengurangi defect juga menghasilkan kualitas yang lebih tinggi.

Boosting Employee’s Morale
Moral karyawan pada kondisi downturn tentunya akan sangat berbeda dengan normal. Kondisi perusahaan yang serba sulit menjadikan moral karyawan menurun, karena menjadikan mereka khawatir akan posisi mereka. Terutama jika perusahaan melakukan downsizing, maka karyawan tentunya berpikir, kapan giliran mereka tiba?

Oleh karena itu, pemimpin perlu menjelaskan kondisi perusahaan secara fair, serta ekspektasi mereka terhadap karyawan. Yakinkan bahwa selama mereka memiliki kinerja yang baik, maka kondisi perusahaan akan menjadi lebih baik. Ciptakan engagement dengan karyawan, sehingga mereka memiliki sense of belonging terhadap perusahaan. Pastikan bahwa mereka paham, bahwa tanpa mereka, perusahaan juga tidak akan berhasil melalui kondisi ini.

Focus on Customers
Satu lagi hal yang perlu ditekankan adalah supaya tetap fokus kepada pelanggan. Pelanggan adalah inti dari bisnis, oleh karena itu, dalam masa downturn juga harus dijaga kepercayaan dan kepuasannya supaya mereka tidak beralih kepada pesaing. Fokus kepada pelanggan antara lain dicerminkan dari bagaimana strategi Marketing Mix serta CRM yang Anda implementasikan.

Intinya, pemimpin perlu memastikan bahwa pelanggan memperoleh porsi perhatian yang sama. Visi ini rasanya perlu dikomunikasikan dengan seluruh karyawan, sehingga perilaku tersebut tercermin sehari-hari

(VN/SN/TML)

pic : 123tv.vn