Cara-cara Negosiasi dalam Bisnis

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Sebuah perusahaan dari Temasek Holdings, yaitu kelompok perusahaan investasi pemerintah Singapura, kemungkinan akan melakukan akuisisi kepemilikan saham substansial di LKT Industrial Bhd, Malaysia.

Sebelum proses akuisisi, tentunya diawali dengan proses negosiasi antara kedua belah pihak, dalam kasus ini yaitu perusahaan dari Singapura tersebut dan LKT Industrial Bhd. Peristiwa ini adalah salah satu contoh dari negosiasi bisnis.

Negosiasi ada macam-macam jenisnya. Antara lain negosiasi bisnis (jual beli) antara dua pihak yang ingin melakukan kerjasama bisnis seperti contoh diatas. Kemudian lainnya negosiasi pihak manajemen dengan pekerja, negosiasi politik hingga negosiasi sehari-hari. Berikut ini adalah karakteristik dalam suatu negosiasi bisnis.

Negosiasi bisnis berbeda dengan jenis negosiasi lainnya. Dalam suatu negosiasi bisnis, setiap pihak yang terlibat berusaha untuk menemukan suatu win-win solution. Dalam win-win solution, kedua pihak sama-sama mencari solusi yang dapat memuaskan bagi kedua belah pihak.

Dalam suatu negosiasi bisnis, dapat melibatkan pula pihak ketiga baik langsung maupun tidak langsung. Hal yang terpenting adalah, dalam negosiasi bisnis kita harus mengetahui pihak mana yang paling berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Sehingga kita tidak melakukan langkah yang salah dalam negosiasi. Jangan sampai kita sudah melakukan negosiasi panjang, ternyata pihak lawan bukanlah key person yang berpengaruh dalam isu tersebut.

Informasi antara kedua pihak bersifat relatif terbuka, karena keduanya berusaha untuk mencapai win-win solution. Kedua pihak sama-sama berusaha untuk saling memahami satu sama lain.

Sehingga, negosiasi bisnis ini selain berorientasi pada transaksi bisnis, juga memperhatikan orientasi hubungan antara kedua belah pihak. Kedua pihak saling berusaha untuk memahami dan bekerjasama untuk memperoleh solusi yang memuaskan. Jika hubungan antara kedua belah pihak baik, maka terdapat kemungkinan untuk adanya hubungan mutual di masa yang akan datang.

 

 

(Rinella Putri/AA/TML)