Strategi Merek Xerox

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Saat ini banyak kalangan marketer membuang waktu melakukan aktivitas yang tidak bernilai untuk membuat produk mereka lebih murah dan menarik untuk dijual. Solusinya adalah melakukan proses pemasaran secara efektif yang tersebar diseluruh dunia.

Perusahaan yang akan dibahas saat ini adalah Xerox. Xerox memiliki fungsi yang ekuivalen terhadap Apple Macintosh beberapa tahun sebelum Apple tetapi gagal memasarkan produk tersebut dan mereka menghabiskan sepanjang dua puluh tahun terakhir (dan ribuan juta biaya pemasaran) memasuki bisnis fotocopy. Pergerakan yang cukup bernilai sebagaimana Google memasuki pasar search engine, Fedex memulai overnight delivery business, dan Kleenex memasuki bisnis tissue.

Meyakinkan akan sejarah yang panjang akan pemasaran, Xerox menunjukan beberapa pencatatan. Pemasaran Xerox memulai pada penciptaan logo. Berikut ini adalah logo perusahaan pada saat Xerox menjadi perusahaan yang paling inovatif pada teknologi yang tinggi :

Dan ini adalah logo perusahaan yang terbaru, diperkenalkan pada minggu ini :

Maka, dapatlah Anda membayangkan ekspresi yang dihadapi oleh kelompok penjualan Xerox manakala logo terbaru diperkenalkan. Logo adalah cara yang terbaik untuk menghasilkan pendapatan yang baru dan mengurangi biaya penjualan. Berdasarkan perspektif ROI, logo baru hanya membebankan Xerox dengan biaya riset pasar dan akan membebankan beberapa rupiah merubah brosur dan alat-alat tulis.

Berdasarkan official press release menyatakan bahwa Xerox logo yang terbaru adalah perlakukan terhadap brand Xerox sepanjang symbol di design untuk lebih beranimasi secara efektif pada platform multi media. Logo baru ini akan menghasilkan peningkatan penjualan.

Sebagai sebuah saran, Xerox datang dengan tagline baru yang menekankan strategi pemasaran yang baru.

Berikut ini adalah beberapa saran yang diberikan para pakar di Harvard sebagai tagline Xerox :

• Xerox: We’ll send you through hoops!
• Xerox: We go round and round and round!
• Xerox: We’re really balling with you now!
• Xerox: We have only one ball!

Bagaimana menurut Anda?

(Permata Wulandari/AA/TML)