Peran Data Demografi dalam Pemasaran

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Data demografi adalah serangkaian informasi mengenai profil target pasar. Data ini dimanfaatkan sebagai dasar langkah usaha pemasaran barang/jasa.

Data demografi merupakan serangkaian data statistik yang merupakan informasi mengenai usia, gender, dan pendapatan. Data ini umumnya digunakan oleh bisnis untuk mengidentifikasikan target pasar bagi barang dan jasa mereka. Demografi umumnya digunakan untuk memberitahukan mengenai siapa pelanggan apa, dimana lokasi mereka, apa gender mereka dan bagaimana Anda ingin produk Anda dibeli oleh mereka.

Anda dapat menggunakan data demografi untuk mempelajari pelanggan Anda sekarang dan pelanggan potensial Anda. Demografi memungkinkan Anda untuk menargetkan target khusus bagi pemasaran barang/jasa Anda.

Anda dapat menggunakan data demografi untuk mengidentifikasikan karakteristik populasi untuk menentukan siapa pelanggan potensial Anda, dan menentukan area geografis dimana mereka menetap. Informasi ini dapat digunakan untuk usaha pemasaran produk Anda, bagaimana mengiklankannya, serta bagaimana perilaku pembelian mereka.

Misalnya, Anda ingin memasarkan produk untuk wanita muda, tentunya Anda harus mencari tahu dimana mereka tinggal, daya beli, pendapatan, serta perilaku pembelian mereka.

Sebelumnya kita melihat shotgun approach untuk memasarkan barang/jasa untuk menargetkan mass market. Ini umumnya dilakukan oleh radio dan televise. Hal ini bukannya dilakukan untuk menmukan orang yang menginginkan penawaran Anda, melainkan menyebarkan informasi ke banyak orang. Namun ini adalah cara pemasaran yang tidak efektif, walaupun masih banyak digunakan hingga saat ini.

Artinya, dengan memanfaatkan data demografi Anda dapat melakukan usaha pemasaran dengan lebih efektif dalam menemukan pelanggan. Mengapa? Karena dengan data demografi Anda dapat membangun profil pelanggan. Artinya Anda mempelajari sebanyak mungkin mengenai pelanggan dan melakukan usaha pemasaran berdasarkan data tersbut.

Jika Anda sudah mengumpulkan data demografi, maka kajilah dengan baik apa tujuan Anda dalam bisnis. Anda dapat menentukan barang/jasa apa yang akan Anda tawarkan. Anda juga dapat menentukan kebijakan harga sesuai dengan informasi demografi yang Anda kumpulkan. Anda juga dapat mengambil keputusan seperti bentuk promosi dan iklan Anda.

(Rinella Putri/AA/TML)