4 Driver Penentu Level Engagement Karyawan

(The Manager’s Lounge – HR) – Penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh Kenexa Research Institute menghadirkan insight mengenai level engagement karyawan di seluruh dunia serta mengisyaratkan langkah-langkah mengenai bagaimana cara meningkatkannya. Dari penelitian ini, mereka membuat suatu indeks yang disebut Kenexa Employee Engagement Index (EEI), yang diukur berdasarkan empat komponen, yakni pride (kebanggaan), satisfaction (kepuasan), advocacy (dukungan) dan retention (ketahanan).

Berdasarkan hasil analisis dari data yang mereka peroleh, maka terdapat empat driver utama dan universal bagi engagement karyawan. Menurut Jack Wiley, Direktur Eksekutif Kenexa Research Institute, empat driver utama yang mereka identifikasi antara lain adalah: pemimpin yang memberikan kepercayaan akan masa depan, manajer yang menghargai karyawan (efektif), pekerjaan yang menarik dan dipahami karyawan, serta perusahaan yang bertanggung jawab terhadap karyawan dan lingkungannya.

Artikel ini akan mengulas mengenai keempat driver tersebut.

Pemimpin percaya diri
Driver yang pertama adalah pemimpin yang menginspirasikan kepercayaan terhadap masa depan. Menurut hasil penelitian, karyawan yang percaya terhadap pemimpinnya mencatatkan skor EEI empat hingga lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan yang tidak percaya. Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi negara, maka pada umumnya tingkat kepercayaan tersebut juga lebih tinggi. India, Meksiko dan Australia adalah negara-negara dengan skor EEI tertinggi,

Bagaimana pemimpin bisa melakukannya? Pemimpin harus bisa menjadi sumber inspirasi bagi karyawannya, antara lain dengan mengkomunikasikan visi dan misi organisasi. Selain itu, pemimpin juga harus bisa menyuntikkan motivasi dan keyakinan bahwa organisasi akan memiliki masa depan yang cerah, dan karyawan berperan penting dalam kesuksesan organisasi. Sementara itu, jika kondisi perekonomian saat ini sedang sulit, maka pemimpin juga harus bisa memberikan keyakinan bahwa perusahaan akan berhasil melalui kesulitan dengan bantuan karyawan.

Pemimpin yang Efektif
Driver kedua bagi level engagement karyawan adalah manajer atau pemimpin yang efektif. Skor EEI pada karyawan yang menganggap manajer mereka efektif adalah 68%, dibandingkan dengan 12% pada karyawan yang menganggap manajernya tidak efektif.

Lalu bagaimana supaya seorang pemimpin dikatakan efektif? Seorang pemimpin yang efektif adalah mereka yang bisa memimpin tim dalam mencapai tujuannya. Pemimpin yang efektif memiliki visi yang bagus, bisa berkomunikasi dengan baik, punya interpersonal skill yang baik, serta menganut nilai saling menghargai diantara tim.

Pekerjaan menarik dan jelas
Penelitian ini menunjukkan bahwa sekitar 57% karyawan yang menyukai pekerjaannya serta mereka yang bekerja dalam budaya training dan development yang kuat nyaris lima kali lebih puas terhadap organisasi mereka.

Oleh karena itu, pemimpin harus punya cara sendiri untuk mendorong karyawan menyukai pekerjaan mereka. Misalnya, pemimpin memberikan pekerjaan yang menantang dan menarik bagi karyawan, serta mereka memberikan motivasi yang mampu memompa semangat karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. Kemudian, untuk membantu karyawan dalam melaksanakan pekerjaan dengan lebih baik, maka pemimpin perlu mengadakan training dan development. Training dan development mampu meningkatkan level engagement karyawan, karena mengindikasikan bahwa perusahaan memiliki kepedulian terhadap karyawan.

Perusahaan bertanggung jawab
Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang berusia antara 18 hingga 29 tahun dan mereka yang berada diatas 63 tahun menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan terhadap karyawan dan lingkungan bisa meningkatkan kepuasan kerja secara keseluruhan.

Misalnya, perusahaan menyediakan asuransi kesehatan terhadap karyawannya, ataupun membantu karyawannya yang sedang terkena musibah. Atau hingga aktivitas CSR seperti mengurangi emisi dalam produksi hingga sejumlah aktivitas CSR lainnya.

pic : blog.parago.com

(Vibiz Consulting/SK/TML)