Spreadsheet Masih Populer untuk Forecasting

(The Manager’s Lounge – Finance) – Kemampuan forecasting adalah salah satu hal yang mutlak dimiliki perusahaan, karena menentukan strategi yang ditempuh perusahaan. Sehingga, forecasting secara akurat menjadi sebuah hal yang penting. Bagaimana praktik forecasting di perusahaan? Dan bagaimana kecenderungan perusahaan melakukan forecasting?

Menurut data berdasarkan laporan dari Hackett Group yang dirilis Februari lalu, perusahaan-perusahaan ternyata tidak memiliki kemampuan prediksi yang terlalu baik. Dua dari tiga perusahaan yang diteliti ternyata tidak mampu meramalkan pendapatan kuartal berikutnya secara akurat. Hackett sendiri mendefinisikan prediksi yang akurat adalah hasil yang hanya melenceng sekitar 5% dari hasil aktual.

Sementara di pihak lain, hasil polling online dari majalah online Business Finance bulan April, hasilnya lebih baik dari penelitian yang dilakukan Hackett. Polling menunjukkan bahwa 44 persen dari responden melaporkan bahwa prediksi organisasi kuartal lalu berada di antara +/- 5% dan sekitar 5.6 persen berada di antara +/-1%.

Glen Hafler dalam edisi Februari Business Finance mengungkakan bahwa praktik terbaik untuk meningkatkan forecasting adalah termasuk menghilangkan eksistensi spreadsheet dan memanfaatkan teknologi terbaru. Namun nyatanya, hanya sedikit sekali perusahaan yang mengadopsi teknologi terbaru. Sekitar 60 persen dari responden melaporkan bahwa organisasi mereka mengandalkan spreadsheet sebagai teknologi utama untuk melakukan planning dan forecasting. Hanya sekitar seperlima yang mengandalkan packaged solution dan 4 persen menggunakan sistem ERP.

Namun hasil ini berbeda dengan riset yang dipublikasikan oleh PricewaterhouseCoopers tahun lalu, yang menemukan bahwa hanya sekitar seperempat perusahaan yang menggunakan system ERP dan system terbaik lainnya, dan tanpa spreadsheet untuk melakukan financial planning.

Persentase kecil ini mengindikasikan bahwa masih banyak perusahaan yang perlu untuk meningkatkan kemampuan dalam teknologi khusus untuk forecasting supaya membantu dalam otomatisasi financial planning. Studi ini juga menunjukkan bahwa meskipun dalam beberapa tahun belakangan ini banyak teknologi dan system berkembang dalam hal financial planning, namun tidak menghapus keberadaan spreadsheet sebagai komponen utama dalam proses financial planning.

Berikut ini adalah hasil lengkap dari polling Business Finance:
1. Seberapa akurat peramalan Anda pada kuartal lalu?
Antara +/- 1% 5.6%
Antara +/- 5% 44.4%
Antara +/- 10% 16.7%
Antara +/- 25% 11.1%
Antara +/- 50% 0%
Tidak tahu 22.2%

2. Apa teknologi utama Anda untuk planning dan forecasting?
spreadsheet 60%
Custom system 8%
ERP system 4%
Packaged solution 20%

(RP)