(The Manager’s Lounge – HR) 1. Apresiasi, misalnya umpan balik-umpan balik positif, berupa pujian terhadap hal-hal positif yang dilakukan karyawan-karyawan Anda. Ingatlah, mencari keberhasilan orang lain jauh lebih sulit daripada mencari-cari kesalahan mereka. Maka berilah imbalan pada mereka berupa pujian dan kehangatan secara personal.

2. Harapan dan Optimisme. Orang-orang bijak akan mewariskan perubahan dengan penuh semangat. la memberikan harapan dan optimisme bahwa hari esok akan lebih baik lagi.

3. Berikan Pengetahuan dan Cara-cara Baru. Orang-orang yang berubah memerlukan cara-cara baru dan pengetahuan baru dalam melihat sesuatu. Pengetahuan dan keterampilan baru akan membantu mereka mengatasi masalah-masalah lama dan baru. Kehadiran Anda bisa membantu karyawan-karyawan Anda lebih percaya diri.

4. Keteladanan. Sikap Anda yang rendah hati, kepemimpinan Anda yang kuat dan tegas namun “cool” bisa menjadi teladan yang baik.

5. Inspirasi. Pemimpin tidak harus melakukan perubahan sam¬pai hal-hal yang kecil. Cukup memberikan inspirasi maka mereka akan bergerak.

6. Ketenaran. Karyawan senang bekerja dengan pemimpin yang dikenal luas dan ahli. Kalau perubahan Anda berhasil, karya-karya Anda akan dikenal luas dan Anda dapat menjadi contoh dalam masyarakat. Ketenaran Anda merupakan “value” bagi orang-orang di sekitar Anda kalau Anda mau ber¬bagi dengan mereka

pic : gpins.com

(Rhenald Kasali, Ph.D/IC/TML)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.