Pergerakan Total Quality Control di Jepang

(The Manager’s LOunge – Quality) Pergerakan masalah quality management yang dimulai sejak tahun 40-an berlangsung sukses dan menjadi gerakan nasional. Apa saja langkah-langkah penting dibalik gerakan tersebut? Berikut ini adalah rahasianya.

1. Total Quality Control di perusahaan bersifat companywide, melibatkan seluruh karyawan, organisasi, hardware dan software.
2. menekankan training dan edukasi bagi para manajemen puncak, menengah dan pekerja.
3. Aktivitas quality control circle dikerjakan oleh sekelompok kecil tenaga sukarela
4. menerapkan Total Quality Control audit
5. mengaplikasikan metode statistic
6. selalu melakukan revisi secara konsisten dan menaikkan standar
7. mempromosikan aplikasi Total Quality Control secara nasional

Dengan menerapkan langkah-langkah diatas, maka Jepang identik dengan negara yang memiliki barang berkualitas bagus, dengan harga murah. Pendorongnya adalah satu, kepuasan pelanggan.