Pengelolaan Risiko Strategis Toyota Prius

(The Manager’s Louge – Risk Management) – Manajemen risiko umumnya berfokus kepada tiga kategori risiko seperti risiko hazard, risiko finansial dan risiko operasi. Namun diatas ketiga risiko tersebut terdapat risiko lain yang jauh lebih berbahaya yaitu risiko strategis.

Risiko strategis sangatlah vital terhadap keberlangsungan perusahaan. Oleh karena itu, risiko strategis perlu dikelola dengan baik supaya eksistensinya tidak mengakibatkan bencana bagi perusahaan.

Namun jika Anda dapat mengelola risiko strategis dengan baik, maka hasilnya dapat menjadi kesuksesan luar biasa.

Sebagai contoh adalah kasus Toyota ketika mereka meluncurkan Toyota Prius generasi pertama. Kompetitornya berpendapat bahwa Prius tidak akan menguntungkan. Menurut standar umum, Prius memang sebuah kegagalan. Toyota hanya membukukan penjualan dalam jumlah kecil. Namun jika dilihat dari sudut pandang Toyota, hal tersebut tidak dipandang sebagai suatu kegagalan melainkan pengalaman yang dibutuhkan untuk menciptakan model generasi kedua, yang kemudian dianggap sukses.
Kasus diatas adalah salah satu contoh kesuksesan Toyota dalam mengelola risiko proyeknya. Risiko proyek merupakan salah satu jenis risiko strategis. Secara bertahap, Toyota berhasil melakukan perbaikan pada Prius generasi pertama sehingga mereka berhasil mencetak kesuksesan di generasi kedua.

pic.:boronextrication.com

(Rinella Putri/TA/TML)