(The Manager’s Lounge – HR) Sebagai Chief Executive General Electric Co, selama hamper dua decade; Jack Welch telah membentuk kembali perusahaannya melalui lebih dari enam ratus akuisisi dan mencapai rekor pendapatan satu demi satu. Meski begitu, dia mengatakan pekerjaannya yang paling penting adalah memotivasi dan memberi penilaian karyawan GE, pekerjaan ini membuatnya menghabiskan lebih banyak waktu .

“Anda harus selalu membawa sekaleng pupuk disatu tangan dan air di tangan yang lain dan terus menerus menuangkan keduanya pada bunga-bunga itu, “ katanya. “Jika mereka tumbuh , Anda akan mempunyai kebun yang sangat indah. Jika mereka tidak tumbuh, Anda harus memotongnya. Itulah yang dimaksud dengan manajemen.”

Welch menghabiskan kurang lebih lima puluh persen dari waktu yang dia miliki untuk mengatasi persoalan personalia. Ia akan melakukan penilain kinerja, mengelola Crotonville (Pusat Pelatihan Manajemen GE di Crotonville), mengirim pesan pribadi kepada para manajer. Bagi Welch tugasnya bukanlah mengetahui segala sesuatu mengenai bisnis. Tugasnya adalah memilih orang yang akan menjalankan bisnis dan memutuskan berapa banyak uang yang akan didapatkan dari bisnis A lawan Bisnis B atau C- serta memutuskan bagaimana mentransfer orang, uang dan gagasan di antara bisnis-bisnis itu.

Dalam memotivasi karyawan Welch berpendapat menghujani orang dengan penghargaan atas keunggulannya merupakan bagian penting dari proses manajemen. Tidak ada yang lebih dia suka ketimbang memberikan kenaikan gaji yang besar. Ia juga menyatakan bahwa kita harus diberi penghargaan secara moral dan financial. Piagam penghargaan itu perlu tapi uang juga perlu.

Empat pelajaran yang bisa diambil dari Jack Welch mengenai memotivasi karyawan :

1. Terus menerus menyaring pekerja dengan cara mempromosikan pekerja terbaik dan menyingkirkan pekerja terburuk
2. Berikan penilaian pada karyawan, jika anda memiliki sepuluh karyawan satu akan jadi bintang, satu terpaksa akan anda buang.
3. Daripada memaparkan tujuan-tujuan pekerjaan yang spesifik, tantanglah mereka untuk memberikan setiap gagasan yang tumbuh yang mereka dapatkan.
4. Anda tidak dapat memberikan penghargaan hanya dengan piagam. Beri mereka penghargaan dalam bentuk uang juga.

pic : www.1to1media.com
(Jack Welch/IC/TML)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.