Listening Skill – II

(The Manager’s Lounge-Marketing) – 10 Cara Mendengarkan dengan Efektif
Diakui atau tidak, mendengarkan sudah menjadi satu keahlian yang sulit dimiliki setiap orang. Beberapa hal mendasar melatih kita mendengar dengan efektif:

1. Berhenti bicara
Apa yang mau didengar, kalau Anda ngomong dan mendengarkan sekaligus?

2. Berikan waktu pada orang yang sedang bicara
Berilah mereka ‘izin’, ruang, dan waktu untuk mengutarakan maksud. Bagaimana Anda memandang, berdiri atau dudul, akan membuat perbedaan besar. Santai saja, ini akan membuat yang berbicara juga santai.

3. Tunjukkan pada orang lain bahwa Anda ingin mendengar
Pandanglah mereka. Mengangguk kalau setuju dan tanyakan sesuatu kalau ingin mereka menjelaskan lebih lanjut. Dengarlah untuk memahami kata-kata mereka, dan bukannya tidak sabar menunggu giliran berbicara.

4. Hilangkan semua gangguan
Mendengarkan dengan baik berarti Anda melenyapkan semua gangguan di sekitar Anda, misalnya mematikan radio, TV, menutup pintu, berhenti membaca, dan sebagainya. Berilah si pembicara perhatian penuh, dan biarkan mereka tahu bahwa mereka memperoleh perhatian penuh.

5. Empati pada orang lain
Terlebih bila mengemukakan suatu hal yang pibadi sifatnya, atau penderitaan. Sisihkan waktu untuk berada di posisi mereka, agar Anda bisa melihat situasi dari sudut pandang mereka.

6. Sabar
Ada jenis orang yang butuh waktu lama untuk menemukan kata-kata yang tepat, untuk membuat suatu isu menjadi jelas. Beri mereka waktu.

7. Hati-hati pada emosi Anda sendiri
Bila apa yang mereka katakan menciptakan respons emosional dalam diri Anda, bersikaplah ekstra hati-hati agar betul-betul memahami arti kalimat mereka. Bila Anda marah, ketakutan, atau merasa terganggu, bisa jadi Anda akan kehilangan bagian krusial yang sedang disampaikan.

8. Bila tidak setuju, ingin mengkritik atau berargumentasi, lakukan pelan-pelan
Biarpun tidak setuju, biarkan mereka melontarkan sudut pandang mereka terlebih dulu. Soalnya, kalau komentar Anda membuat orang lain jadi defensif, meskipun Anda ‘memenangkan’ argumentasi, bisa jadi Anda kehilangan suatu pandangan yang jauh lebih berharga.

9. Lontarkan berbagai pertanyaan
Biarkan mereka berbicara lebih banyak, memberi contoh, atau menerangkan lebih lanjut. Itu akan membuat mereka bicara lebih precisely dan membuat Anda mengerti lebih akurat.

10. Berhenti Berbicara
Ini adalah jurus pertama dan terakhir yang paling aman

pic:www.4bn.co.uk

(Fadjar Ari Dewanto/RB/TML)