Tips Meraih Sukses Bagi Seorang Pemimpin di Tahun 2013 Ala Li Ka-Shing.

(The Manager’s Longue  – Leadership),  Li Ka-Shing merupakan orang Asia paling kaya versi Forbes. Majalah Forbes memperkirakan bahwa kekayaannya hampir mencapai U$ 30 miliar. Selain didaulat sebagai orang terkaya di Hong Kong, maka Li Ka-Shing juga termasuk dalam jajaran 10 besar paling kaya di planet bumi, bersama dengan taipan lain seperti Bill Gates dan Warren Buffett.

Li Ka-Shing memulai hidupnya dari sebuah keluarga sederhana dan dibesarkan tanpa sosok seorang ayah sebelum akhirnya menjadi pebisnis dan orang paling dermawan di Asia. Bagi warga Asia, Li Ka-shing merupakan sosok yang ideal untuk dituruti. Sudah banyak buku yang menceritakan bisnis dan kehidupannya, kebanyakan diterbitkan dalam bahasa mandarin hampir semuanya dilakukan oleh pihak ketiga. Buku-buku ini banyak memenuhi toko buku, layaknya buku-buku soal Warren Buffet di Amerika Serikat (AS).

Yayasan miliknya, yang bernama Li Ka Shing Foundation, mengumpulkan beberapa pepatah atau tips yang merepresentasikan kehidupan sang taipan. Berikut beberapa langkah yang di berikan oleh Li Ka-Shing, bagaimana untuk meraih sukses sebagai seorang pemimpin :
1. Sebagai pemimpin, seseorang harus lebih sering menghabiskan waktu merencanakan masa depan

2. Jangan terlalu optimistis ketika pasar sedang bagus, jangan pula terlalu pesimistis ketika pasar sedang buruk

3. Reputasi yang bagus bagi perusahaan dan diri anda adalah aset berharga yang tidak ternilai meski tidak tertulis dalam laporan keuangan

4. Tidak peduli betapa kuat atau ahlinya anda di satu bidang, jika Anda tidak punya hati dan niat yang kuat, anda tidak akan sukses

5. Untuk menjadi manajer yang baik, sikap dan kemampuan adalah bahan dasar yang harus seimbang. Seorang pemimpin bisa memberi inspirasi kepada bawahannya, sementara seorang bos mendominasi bawahannya sehingga mereka merasa kecil.

6. Rumus untuk bisa sukses itu sulit ditemukan, anda pun harus hati-hati karena tanda-tanda kegagalan justru tersebar di mana-mana. Membangun sebuah fondasi yang bisa meminimalisir kegagalan sudah terbukti bisa menjadi jalan pintas menuju kesuksesan.

7. Seorang manajer yang sukses adalah yang bisa membaca bakat orang lain. Tak hanya mereka bisa memilih orang yang lebih pintar dari dirinya, tetapi juga bisa menghindari memilih karyawan yang terlalu bangga akan dirinya melebihi keahlian aslinya.

8. Seni manajemen yang bagus terletak dalam kapasitasnya menerima tantangan, serta kemampuannya melebur pemikiran baru dan lama.

Tips atau langkah-langkah yang di kemuka kan oleh Li Ka-Shing menunjukkan bahwa kesuksesan seorang pemimpin untuk menghadapi akan abad 21 yang masih terus berubah-rubah ini tergantung pada pendirian dari pribadi pemimpin yang kuat dimana terbuka pada setiap perubahan yang ada dengan tidak menutup akan segala kemungkinan yang datang untuk melihatnya sebagai sebuah kesempatan untuk berkembang. Kesuksesan seorang pemimpin juga tidak akan dapat diraih tanpa ada nya dukungan dari orang lain yaitu bawahan atau karyawannya. Jadi sangat penting juga seorang pemimpin di tahun 2013 untuk senantiasa juga mengikut sertakan akan bawahan/karyawannya untuk sama-sama bekerja, memberikan beban, semangat dan visi yang hendak diraih oleh perusahaan  secara bersama-sama.
(Riris Juanita/IK/md-berbagai sumber)